Jadwal Asian Games 2022 Hari Ini, Jaminan Medali Emas atau Perak dari Sepak Takraw

Timnas sepak takraw Indonesia pun berpeluang mengawinkan medali emas.

AP Photo/Eugene Hoshiko
Tim sepak takraw putra Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou, Cina.
Rep: Reja Irfa Widodo Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Indonesia dipastikan menambah medali, minimal medali perak, pada hari ke-11 Asian Games 2022 pasca-upacara pembukaan, Rabu (4/10/2023). Pasalnya, timnas sepak takraw Indonesia berhasil melaju ke babak final nomor quadrant putra dan quadrant putri.

Seperti dilansir dari laman resmi Asian Games 2022, Rabu (4/10/2023) pagi, final sepak takraw nomor quadrant putra akan menjadi kesempatan emas pertama dalam perjuangan kontingen Indonesia untuk berburu medali pada hari ini. Timnas sepak takraw putra Indonesia akan berduel dengan sesama tim asal Asia Tenggara, Myanmar.

Duel itu rencananya akan digelar pada pukul 08.00 WIB di lapangan 2 Gymnasium Jinhua Sports Centre. Kemudian di tempat yang sama, tepatnya pada pukul 09.30 WIB, timnas sepak takraw putri Indonesia akan berjuang meraih medali emas. Timnas sepak takraw putri Indonesia bakal berhadapan dengan Vietnam.

Timnas sepak takraw Indonesia pun berpeluang mengawinkan medali emas dari nomor quadrant putra dan putri di gelaran Asian Games 2022. Apabila gagal melewati adangan para pesaingnya di laga ini, timnas sepak takraw Indonesia akan tetap menyumbang medali perak buat kontingen Merah Putih.

Selain di cabang olahraga (cabor) sepak takraw, Indonesia juga telah mengirimkan wakil di babak final balap sepeda nomor road race putri. Ayustina Delia Priatna akan turun di laga yang bakal digelar di Chun'an Jieshou Sports Center, Rabu (4/10/2023) pukul 09.00 WIB.

Ini menjadi kesempatan kedua Ayustina untuk bisa menyumbang medali buat kontingen Indonesia di edisi ke-19 pesta olahraga terbesar di kawasan Asia tersebut. Sebelumnya, Ayustina sempat tampil di final nomor time trial pada Selasa (3/10/2023) kemarin, tapi gagal meraih medali.

Dari cabor atletik, Indonesia juga mengirimkan wakil di nomor jalan cepat 35 kilometer tim. Indonesia akan diwakili Hendro Yap dan Violine Pupita Intan. Laga final nomor jalang cepat 35 km tim tersebut rencananya dihelat di Smart New World Qiantang River Green Belt, Rabu (4/10/2023) pukul 06.00 WIB.

Baca Juga


Selain di nomor jalan cepat, atlet Indonesia juga akan berlaga di nomor lempar lembing putra. Abdul Haziz menjadi perwakilan kontingen Merah Putih dalam partai final yang akan digelar di Hangzhou Olympic Sports pada pukul 18.05 WIB tersebut. Berselang setengah jam kemudian, Robi Syianturi juga akan tampil di tempat yang sama.

Robi akan turun di partai final nomor lari 5.000 meter putra. Robi akan bersaing dengan sejumlah atlet lari jarak jauh unggulan Asia, termasuk atlet asal Qatar, Muhammad Al Garni, dan atlet Bahrain, Yemataw Birhanu Balew. Al Garni diketahui menempati peringkat 44 dunia, sedangkan Yemataw duduk di peringkat ke-14 dunia.

Perjuangan atlet panahan Indonesia juga akan berlanjut pada hari ini. Indonesia akan menghadapi Cina Taipei di babak perempat final nomor compound tim campuran. Pun dengan tim panahan Indonesia, yang bakal berlaga di babak perempat final nomor recurve dengan menghadapi India. Sementara nomor compound mulai digelar pada pukul 09.00 WIB, nomor recurve tim akan dihelat pada pukul 13.20 WIB.

Beralih ke cabor bulu tangkis, ganda putra andalan Indonesia, Fajar Alfian/Rian Ardianysah, akan memulai kiprah di sektor ganda putra. Fajar/Rian akan berduel dengan ganda putra Thailand, Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul, di babak 16 besar nomor tunggal cabor bulu tangkis, yang rencananya digelar pada pukul 11.00 WIB di Binjiang Gymnasium.

Namun, sebelum Fajar/Rian tampil, Daniel Marthin/Leo Rolly sudah lebih dulu tampil di babak 16 besar dengan menghadapi salah satu unggulan, ganda putra India, Rankireddy Satwiksairaj/Chirag Setty, pada pukul 10.40 WIB. Tantangan tidak kalah besar juga harus dihadapi ganda putri Indonesia, Febriana Dwipuji/Amalia Cahya, yang bakal berduel dengan peringkat nomor satu dunia sekaligus atlet tuan rumah, Chen Qichen/Jia Yifan.

Dua pasangan itu akan saling berebut satu tempat di babak perempat final nomor ganda putri. Di laga lainnya, Apriyani Rahayu/Siti Fadia akan berhadapan dengan salah satu ganda putri senior asal Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Laga tersebut akan dihelat pada pukul 13.00 WIB.

Di sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting juga akan melanjutkan kiprah pada hari ini dengan menghadapi atlet Singapura, Teh Jia Heng, di babak 16 besar. Pun dengan kiprah Putri Kusumawardhani dan Gregoria Mariska Tunjung di sektor tunggal putri.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler