Restoran Jepang Ini Kirim Bahan Ramen ke Luar Angkasa, Buat Apa?
Restoran ini mempelopori sejumlah proyek ambisius bertema ramen.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pada 10 November, bahan ramen lepas landas dari Kennedy Space Center dengan menggunakan roket SpaceX Falcon 9. Ini menandai awal dari misi enam bulan mereka untuk menyerap esensi keberadaan di luar angkasa dan membawanya kembali untuk dibagikan kepada dunia.
Dilansir Japan Today, Kamis (16/11/2023), proyek untuk menjelajahi dunia baru ramen ini merupakan karya pemilik restoran Takahiro Matsumura dan kelompok perusahaan ramennya di bawah payung Unchi Co., Ltd., yang secara harfiah diterjemahkan menjadi “Poop Co., Ltd.” . Restoran Human Beings Everyone Noodles yang paling terkenal di Osaka, Matsumura, dan Unchi telah mempelopori sejumlah proyek ambisius bertema ramen.
Namun, tidak ada proyek yang ambisius seperti ini. Di atas roket Falcon 9 menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) terdapat beberapa potong daging babi panggang, kaldu sup, mie, daun bawang, dan rebung yang difermentasi. Begitu barang-barang tersebut tiba, mereka akan menjalani pengujian untuk melihat efek sinar kosmik terhadapnya.
Sifat sebenarnya dari pengujian tersebut masih belum jelas, namun terdapat referensi mengenai “spacewalk” dalam pengumuman mereka yang menunjukkan bahwa makanan tersebut akan disimpan di luar stasiun luar angkasa dan dengan demikian terkena radiasi kosmik untuk jangka waktu sekitar enam bulan.
Selain mempelajari efeknya, Unchi juga berencana membuat Meteorite Ramen Bowl dengan mengirimkan sejumlah tanah Jepang yang cocok untuk membuat keramik. Ini juga akan terkena sinar kosmik dan kemudian dikembalikan ke Bumi, di mana ia akan ditempa menjadi mangkuk luar angkasa.
Saat ini Anda mungkin bertanya pada diri sendiri mengapa Matsumura melakukan hal seperti itu. Untungnya, Program Luar Angkasa Unchi telah disusun sebagai berikut.
Langkah pertama: Kirim tanah Jepang ke luar angkasa dan buatlah Meteorite Ramen Bowl dengan tanah yang kembali.
Langkah dua: Pelajari efek sinar kosmik selama enam bulan pada bahan ramen dengan tujuan agar Unchi mendirikan restoran ramen pertama di Mars.
Langkah tiga: Mempromosikan Unchi sebagai grup restoran ramen Osaka yang ikonik, dengan tujuan untuk memiliki lokasi di dalam lokasi Osaka-Kansai World Expo 2025.
Sebagai persiapan untuk langkah tiga, Unchi juga mengirimkan beberapa tanda berlogo perusahaan ke luar angkasa untuk dipajang di Expo. Agak lancang mengingat mereka masih belum diundang untuk mengikuti acara yang akan segera tiba, tapi menurut Japan Today lebih baik memiliki tanda-tandanya dan tidak membutuhkannya daripada sebaliknya. Matsumura berharap Meteorite Ramen Bowl akan membantu mempermanis kesepakatan ini karena batu Bulan menjadi daya tarik utama pada Expo tahun 1970 di Osaka.
Hal ini mungkin terlihat sangat ambisius untuk sebuah restoran ramen, namun pendirinya tampaknya adalah individu yang fokus. Matsumura pertama kali memutuskan untuk membuka restoran ramen ketika dia berusia 10 tahun dan mewujudkan mimpinya ketika dia berusia 24 tahun.
Sejak saat itu, dia telah melakukan beberapa hal yang mengesankan seperti membuka berbagai restoran di seluruh dunia dan bahkan melakukan perjalanan ke Ukraina di tengah invasi Rusia untuk membagikan secangkir ramen instan. Jadi dia jelas terlihat seperti tipe pria yang memahami segalanya dan mungkin saja menjadi pemilik restoran ramen pertama di Mars suatu hari nanti.