Mengenal Layanan RCS untuk Tingkatkan Pengalaman Komunikasi

Layanan ini menyajikan solusi pesan singkat yang lebih canggih dan kaya akan fitur.

Dok Telkomsel
Layanan RBM akan tersedia untuk pelanggan Telkomsel di Indonesia dan bagi pelanggan pemegang saham Telkomsel, Singtel, di Singapura, dengan mempertimbangkan ketersediaan perangkat yang sudah mendukung teknologi ini. Di masa depan, pelanggan akan dapat menikmati lebih banyak fitur dan manfaat seiring dengan perkembangan layanan RCS yang berkelanjutan.
Red: Setyanavidita livicansera

REPUBLIKA.CO.ID, Telkomsel mengumumkan kemitraan strategis dengan Google untuk menghadirkan layanan Rich Communication Services (RCS) dengan Rich Business Messaging (RBM), pada senin (29/1/2024). Layanan ini bertujuan meningkatkan pengalaman komunikasi pelanggan dan menyajikan solusi pesan singkat yang lebih canggih dan kaya akan fitur, serta didukung oleh infrastruktur jaringan terdepan dan terluas Telkomsel di Indonesia. 

Baca Juga


Sebagai standar layanan komunikasi seluler terkini, RCS memungkinkan pelanggan Telkomsel untuk meningkatkan layanan Short Messaging Service (SMS) dengan tingkat interaktivitas yang lebih tinggi, berbagi konten multimedia berkualitas tinggi, serta berpartisipasi dalam obrolan grup yang lebih dinamis. Layanan ini juga mencakup dukungan penuh untuk tanda terima telah dibaca dan indikator pengetikan. 

"Kolaborasi dengan Google untuk meningkatkan pengalaman pelanggan melalui kehadiran layanan RCS dengan RBM merupakan wujud komitmen kami untuk menyediakan solusi khusus melalui teknologi terkini kepada para pelanggan bisnis di Indonesia," kata Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam. Ia menjelaskan, kolaborasi tersebut mencerminkan visi Telkomsel untuk terus memimpin inovasi transformasi digital di industri telekomunikasi Indonesia dan menciptakan nilai tambah yang berdampak positif secara inklusif dan berkelanjutan bagi ratusan juta pelanggan perusahaan.

Pelaku bisnis dapat menggunakan semua fitur komunikasi canggih yang disediakan dalam RCS untuk menyampaikan RBM kepada pelanggan dengan use case spesifik sesuai kebutuhan mereka. Layanan RBM akan tersedia untuk pelanggan Telkomsel di Indonesia dan bagi pelanggan pemegang saham Telkomsel, Singtel, di Singapura dengan mempertimbangkan ketersediaan perangkat yang sudah mendukung teknologi ini.

Di masa depan, pelanggan akan dapat menikmati lebih banyak fitur dan manfaat seiring dengan perkembangan layanan RCS yang berkelanjutan. Sementara itu Vice President of Digitalisation, Products, and Partnerships of Singtel Singapore Terence Lai Tuck Leong menyatakan, pihaknya selalu mencari platform dan layanan baru inovatif yang dapat membantu perusahaan meningkatkan kinerja bisnis dan interaksi dengan pelanggan.

"Dengan platform ini, kami membuka peluang bagi bisnis dari berbagai ukuran dan sektor untuk menjangkau sejumlah besar pelanggan Android yang terus berkembang, menawarkan solusi dan layanan mereka, serta melayani mereka dengan lebih baik," ia menjelaskan.

Sedangkan Director, Android & Business Communication Product Partnerships, International Google Jason Choy mengatakan, bahwa pihaknya mengapresiasi kerja sama dengan Telkomsel untuk membawa layanan RCS kepada para pengguna di Indonesia. "Kami berharap layanan ini dapat mendukung transformasi digital di berbagai jenis bisnis serta membuka peluang baru bagi inovasi bisnis di masa depan," papar Jason.

Sejak 2016, Telkomsel telah menyatakan dukungannya terhadap Global System for Mobile Communications Association (GSMA) dalam mendorong adopsi RCS yaitu kemampuan Profil Universal (UP) RCS dari GSMA untuk menyediakan layanan pesan terbuka, konsisten, dan global di seluruh jaringan dan perangkat.

 

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler