Fakta-Fakta Keutamaan Masjidil Aqsa

Masjid Al Aqsa juga menjadi kiblat bagi umat Islam awal sebelum dialihkan ke Ka'bah.

AP Photo/Mahmoud Illean
Jamaah Muslim Palestina yang dilarang memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa, shalat di luar Kota Tua Yerusalem saat pasukan Israel berjaga, Jumat, (23/2/2024).
Rep: Rahmat Fajar Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Al Aqsa adalah tempat ibadah suci bagi umat Islam. Dalam sejarah Islam dan pewahyuan dari Allah kepada Nabi Muhammad SAW masjid ini memiliki kedudukan yang sangat penting. Di Masjid Alqsa, Nabi Muhammad diangkat ke Sidratul Muntaha dengan apa yang disebut dalam sejarah Isra' Mi'raj.

Masjid Aqsa juga menjadi kiblat bagi umat Islam awal sebelum dialihkan ke Ka'bah di Masjidil Haram. Posisi Masjidil Aqsa terletak di Kota Lama Yerussalem, Palestina.

Dan hingga kini masjid ini terus diganggu oleh zionis Israel. Tindakan Israel itu menyulut amarah umat Islam di seluruh dunia. Umat Islam dan rakyat Palestina berusaha terus menerus mencegah zionis Israel merusak masjid suci ini.

Baca Juga



Masjidil Aqsa mempunyai keutamaan-keutamaan. Alquran telah mengungkapkan tentang keutamaan tersebut. Diolah dari data pusat data Republika.co.id, disebutkan bahwa Allah memberkahi lokasi Masjidil Aqsa dan sekelilingnya yaitu Kota Al-Quds dan wilayah sekitarnya di Palestina.

Surah Al-Isra' ayat 1 mengungkapkan fakta tentang keutamaan Masjidil Aqsa. Ayat tersebut berbunyi:

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Subḥānal-lażī asrā bi‘abdihī lailam minal-masjidil ḥarāmi ilal-masjidil-aqṣal-lażī bāraknā ḥaulahū linuriyahū min āyātinā, innahū huwas-samī‘ul-baṣīr(u).

Artinya: "Maha Suci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidilaqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya425) agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat."

Tafsir tahlili dalam Quran Kemenag dijelaskan...

Tafsir tahlili dalam Quran Kemenag dijelaskan bahwa Masjidil Aqsa diberkahi Allah karena menjadi tempat turunnya wahyu kepada para nabi. Tanah di sekitar Masjidil Aqsa subur sehingga menjadi daerah yang makmur. Keutamaan dari Masjidil Aqsa juga karena menjadi tempat peribadatan para nabi dan tempat tinggal mereka.

Fakta tentang keutamaan Masjidil Aqsa lainnya yang terkandung di dalam Alquran adalah pada Surah Al-Anbiya ayat 71.

وَنَجَّيْنٰهُ وَلُوْطًا اِلَى الْاَرْضِ الَّتِيْ بٰرَكْناَ فِيْهَا لِلْعٰلَمِيْنَ

Wa najjaināhu wa lūṭan ilal-arḍil-latī bāraknā fīhā lil-‘ālamīn(a).

Artinya: "Kami menyelamatkannya (Ibrahim) dan Lut ke tanah (Syam) yang telah Kami berkahi untuk seluruh alam."

Tafsir tahili menjelaskan bahwa tanah Syam termasuk wilayah Palestina. Di tanah ini Allah memberikan keberkahan untuk seluruh umat manusia sehingga tanahnya subur. Ayat ini menerangkat ketika Allah menyelamatkan Nabi Ibrahim dari kejaran penduduk Kota Ur, di Mesopotamia Selatan, yaitu negeri asalnya, lalu hijrah ke negeri Harran kemudian ke Palestina di daerah Syam.

Imam Qatadah mengatakan Syam tak akan pernah berkurang karena akan selalu ditambah. Syam atau Palestina disebut sebagai ranah pertemuan dan kebangkitan. Di negeri ini Nabi Isa akan diturunkan dan di tempat inipula Dajjal akan dibinasakan oleh Nabi Isa.

Menurut tafsir Imam Qurthubi, di tempat ini berkah karena kesuburannya. Banyak buah-buahan dan sungai. Dengan fakta yang diungkapkan tersebut maka Masjidil Aqsa dan sekitarnya benar-benar mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler