KSAD Bertemu Jenderal Randy A George di Pentagon, AS

Jenderal George sangat menghargai hubungan erat antara US Army dan TNI AD selama ini.

Dispenad
KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak bertemu Chief of Staff of US Army Jenderal Randy A. George di Pantagon, Virginia, Amerika Serikat, Senin (20/5/2024).
Rep: Antara Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Udara (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak mengunjungi Chief of Staff of US Army Jenderal Randy A George di Pentagon, Virginia, Amerika Serikat, Senin (20/5/2024). Keduanya membahas kerja sama di bidang pertahanan.

Dari siaran pers Dispenad, Selasa (21/5/2024), dijelaskan, sejak menjabat KSAD, Maruli baru pertama kali bertemu pejabat militer AS untuk membahas kerja sama kedua negara. Maruli menjelaskan, beberapa bidang kerja sama akan dilakukan antara pihaknya dengan militer AS, termasuk latihan bersama hingga pertukaran prajurit.


Baca: Ikuti Peringatan HUT Ke-78 Kodam III/Siliwangi, Wamenhan: Sampurasun

Tidak hanya itu, kata dia, kerja sama di bidang pertukaran ilmu pengetahuan soal alutsista juga akan dilakukan kedua negara besar tersebut. Dengan terjalinnya kerja sama militer itu, diharapkan pertahanan Indonesia terkhusus Angkatan Darat akan semakin kuat.

"Kerja sama militer tersebut juga diharapkan dapat membuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika semakin harmonis," demikian isi siaran pers tersebut.

Baca: Mayjen Dian Andriani Ratna Dewi, Kowad Pertama Berpangkat Mayjen

Jenderal Randy A George pun memastikan komitmen Amerika Serikat untuk mendukung Indonesia dalam meningkatkan kapabilitas pertahanannya. Pihaknya juga sangat menghargai hubungan erat antara US Army dan TNI AD selama ini.

"Secara umum, kerja sama ini bahkan bukan hanya bermanfaat bagi kedua negara saja, tapi juga bermakna signifikan bagi stabilitas dan keamanan kawasan secara keseluruhan," kata Randy dalam pertemuan tersebut.

Baca: Prabowo dan Gubernur Jenderal Australia Saling Bertukar Buku

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler