6 Fakta Ini Tunjukkan dengan Jelas Kekalahan Zionis Israel dalam Perang Gaza

Perang Gaza berdampak negatif terhadap Israel

AP Photo/Moti Milrod, Haaretz
Tentara Israel mengambil bagian dalam operasi darat di lingkungan Shujaiya Kota Gaza, Jumat, 8 Desember 2023.
Rep: Fitrian Zamzami Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Upaya untuk mengamankan gencatan senjata dan pembebasan sandera di Gaza telah meningkat selama beberapa hari terakhir dengan adanya diplomasi antar-jemput yang aktif antara Washington, Israel dan Qatar, yang memimpin upaya mediasi dari Doha, tempat kepemimpinan Hamas di pengasingan bermarkas.

Sebuah sumber regional mengatakan pemerintah Amerika Serikat berusaha keras untuk mencapai kesepakatan sebelum pemilihan presiden pada bulan November.

Baca Juga


Netanyahu mengatakan pada hari Jumat bahwa kepala badan intelijen Israel Mossad telah kembali dari pertemuan awal dengan mediator di Qatar dan negosiasi akan dilanjutkan pekan depan.

Kantor Netanyahu mengatakan bahwa para perundingnya, telah menerima respons Hamas tentang kesepakatan prospektif yang akan memastikan pembebasan sandera dengan imbalan gencatan senjata di Gaza.

Kepala Intelijen Israel David Barnea bertolak ke Qatar pada Jumat untuk melanjutkan pembicaraan tidak langsung dengan Hamas. Kantor Netanyahu mengatakan negosiasi akan dilanjutkan minggu depan dan masih ada perbedaan pandangan di antara kedua belah pihak.

Reuters melaporkan, Hamas telah menerima usulan Amerika Serikat untuk memulai pembicaraan mengenai pembebasan sandera Israel, termasuk tentara dan pria, 16 hari setelah tahap pertama perjanjian yang bertujuan untuk mengakhiri perang Gaza.

Kelompok Islam tersebut telah membatalkan tuntutan agar Israel terlebih dahulu berkomitmen pada gencatan senjata permanen sebelum menandatangani perjanjian tersebut.

Mereka akan mengizinkan negosiasi untuk mencapai hal tersebut selama enam pekan tahap pertama, kata sumber tersebut kepada Reuters tanpa menyebut nama karena pembicaraan tersebut bersifat pribadi.

Seorang pejabat Palestina yang dekat dengan upaya perdamaian yang dimediasi secara internasional mengatakan bahwa proposal tersebut dapat menghasilkan kesepakatan kerangka kerja jika diterima oleh Israel dan akan mengakhiri perang sembilan bulan antara Israel dan Hamas di Gaza.

Sebuah sumber di tim perundingan Israel, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya, mengatakan sekarang ada peluang nyata untuk mencapai kesepakatan. Hal ini sangat kontras dengan kejadian di masa lalu dalam perang sembilan bulan di Gaza, ketika Israel mengatakan persyaratan yang diberikan oleh Hamas tidak dapat diterima.

Juru bicara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tidak segera menanggapi permintaan komentar pada Sabtu, hari Sabat Yahudi. Pada Jumat, kantornya mengatakan pembicaraan akan dilanjutkan pekan depan dan menekankan bahwa kesenjangan antara kedua belah pihak masih ada.

Konflik tersebut telah merenggut nyawa lebih dari 38 ribu warga Palestina, menurut pejabat kesehatan Gaza, sejak Hamas menyerang kota-kota Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang, menurut angka resmi Israel.

Proposal baru tersebut memastikan bahwa mediator akan menjamin gencatan senjata sementara, pengiriman bantuan dan penarikan pasukan Israel selama pembicaraan tidak langsung terus melaksanakan tahap kedua perjanjian tersebut, kata sumber Hamas.

Genjatan senjata ini mengisyaratkan secara jelas kekalahan Israel dalam Perang Gaza menurut sejumlah analis. Berikut ini enam fakta kekalahan Zionis Israel dalam Perang Gaza:

Pertama, kekacauan politik dalam negeri Israel

Mosi tidak percaya terhadap pemerintahan Benjamin Netanyahu. Di tengah upaya genjatan senjata dan Israel yang tak kunjung melumpuhkan Hamas, instabilitas politik di Israel menguat. Gerakan unjuk rasa di Israel mendeklarasikan tanggal 7 Juli sebagai "hari perlawanan" nasional terhadap pemerintah, dengan ratusan demonstran sejak pagi hari memblokir persimpangan dan jalan raya di seluruh negeri.

Gerakan protes itu juga menuntut penyelenggaraan pemilu dini dan pembebasan segera para sandera yang diculik oleh kelompok Hamas pada 7 Oktober 2023, tepat sembilan bulan yang lalu, demikian sebagaimana dilaporkan Sputnik, Ahad (7/7/2024).

Banyak video di media sosial menunjukkan aksi para demonstran tersebut. Aksi unjuk rasa besar-besaran diperkirakan akan terjadi di Tel Aviv, Yerusalem, Haifa, serta puluhan kota lainnya. Namun polisi Israel belum memberikan komentar tentang aksi unjuk rasa hari ini.

Para aktivis berencana...

Para aktivis berencana mengadakan unjuk rasa di depan kantor Federasi Pekerja di Tel Aviv, dan menuntut agar serikat pekerja "menghentikan perekonomian." Protes diperkirakan mencapai puncaknya pada malam hari. Peserta unjuk rasa juga berencana untuk memprotes di dekat kediaman Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Yerusalem.

Aksi protes anti-pemerintah yang menuntut pemilu dini dan pembebasan segera para sandera telah diadakan setiap pekan di Israel selama beberapa bulan terakhir. "Hari Perlawanan" yang diproklamirkan guna memperingati sembilan bulan penyerangan kelompok Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023, memicu eskalasi konflik Palestina-Israel hingga saat ini.

Dalam kejadian 7 Oktober itu, kelompok Hamas menculik lebih dari 250 warga dari Israel selatan. Diperkirakan sekitar 120 sandera Israel ditahan oleh Hamas, termasuk 40 di antaranya yang diduga telah meninggal

Kedua, ekonomi ambruk

Sejak Oktober, pemerintah Israel telah mensubsidi gaji 360 ribu tentara cadangan yang dikerahkan ke Gaza - banyak di antaranya adalah pekerja industri teknologi tinggi di bidang keuangan, kecerdasan buatan, farmasi, dan pertanian.

Pada November 2023, Bank of Israel memperkirakan "dampak kotor" perang terhadap Israel sebesar 198 miliar shekel (53 miliar dolar AS) dan memangkas estimasi pertumbuhan ekonomi menjadi 2 persen per tahun pada 2023 dan 2024, turun dari 2,3 persen dan 2,8 persen .

Pada Desember di tahun yang sama, Kementerian Keuangan Israel mengatakan bahwa perang kemungkinan akan menelan biaya sekitar 13,8 miliar dolar AS tahun ini jika fase intensitas tinggi berakhir pada kuartal pertama 2024.

Di tengah-tengah hal tersebut, para ahli mengamati untuk melihat bagaimana kondisi bisnis di lapangan.

Salah satu industri yang terus berkembang dengan baik adalah sektor teknologi tinggi, area dengan pertumbuhan tercepat di Israel selama beberapa tahun, yang saat ini menyumbang hampir 20 persen dari produk domestik bruto (PDB) dan 14 persen dari lapangan kerja di negara ini.

Sejak dunia startup Israel meledak pada tahun 1990-an, Israel telah mengukuhkan dirinya sebagai pusat teknologi terbesar di dunia, kedua setelah Silicon Valley. Lebih dari 500 perusahaan multinasional - mulai dari Google hingga Apple, IBM hingga Meta, dan Microsoft hingga Intel Corp - beroperasi di Israel.

Dan meskipun ada kekhawatiran jika perusahaan-perusahaan akan terus berinvestasi di negara yang sedang berperang, setidaknya untuk saat ini, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hal itu merupakan ancaman yang nyata.

Ketiga, dukungan untuk Palestina semakin kuat

Teranyar, Norwegia, Irlandia dan Spanyol pada Selasa (28/5/2024) secara resmi mengakui Palestina sebagai sebuah negara. Saat ini, Palestina telah diakui oleh sembilan negara anggota Uni Eropa yakni Bulgaria, Siprus, Republik Ceko, Hongaria, Malta, Polandia, Rumania, Slovakia, dan Swedia. Bulgaria, Siprus, Republik Ceska, Hongaria, Malta, Polandia, Rumania, dan Slovakia telah mengakui negara Palestina pada 1988 atau sebelum mereka bergabung dengan Uni Eropa, sedangkan Swedia melakukannya pada 2014. Sebanyak 143 dari 193 negara anggota PBB sebelumnya juga sudah mengakui negara Palestina.

Keempat, kerugian jiwa tentara Israel

Laporan bertajuk The Occupation Army Is Being Affected Seriously By Suicide, Low Morale And Mental Illness yang diterbitkan middleeasmonitor, oleh kolumnis Aziz Mustafa.

Aziz Mustafa berbicara tentang meningkatnya jumlah kasus bunuh diri, masalah psikologis yang serius, dan moral yang rendah. Gangguan stres pascatrauma (PTSD) adalah masalah yang nyata.

Tentara rupanya telah membuka penyelidikan terhadap fenomena bunuh diri di kalangan tentaranya, karena mereka tidak mampu mengatasinya secara memadai.
Ini adalah gejala dari penyakit mental yang mempengaruhi semakin banyak tentara Israel, dan bukan hanya di antara jajaran lainnya.

Setidaknya seorang letnan kolonel telah melakukan bunuh diri, mendorong kepala Pusat Studi Bunuh Diri dan Sakit Mental Lior Tsfaty, Profesor Yossi Levi-Belz, mengatakan bahwa masalah ini sangat mengejutkan karena mereka tidak terbiasa dengan hal itu selama pertempuran, meskipun itu termasuk mereka yang menderita PTSD, yang terbangun setiap pagi karena berbagai pemandangan, suara, dan perasaan bersalah.

 

Tetapi pihak militer menolak untuk mempublikasikan nama-nama tentara dan perwira yang telah melakukan bunuh diri dan merahasiakannya.
Namun demikian, kita tahu bahwa antara 1973 dan 2024, 1.227 tentara Israel melakukan bunuh diri berdasarkan catatan resmi, tetapi jumlah sebenarnya diyakini jauh lebih tinggi.

Beberapa pihak mengklaim bahwa tentara menutup-nutupi jumlah pastinya. Keinginan untuk berperang telah runtuh, meskipun kehancuran telah terjadi di Gaza.

Kelima, kagagalan narasi Israel

Propaganda Hamas yang canggih, yang membangun interpretasi yang menguntungkan atas berbagai peristiwa dan menjalin narasi yang membantu kelompok ini meraih lebih banyak pendukung.

Mengutip pendapat psikoanalis Amerika, Edward Bernays, propaganda tidak bekerja dengan menciptakan dan menanamkan rasa takut dan kemarahan, melainkan dengan mengarahkan emosi ini ke tujuan yang konkret.

Upaya Hamas adalah contoh utama dari taktik ini. Sejak perang dimulai, kelompok ini telah menyebarkan sejumlah besar materi, sebagian besar secara online, dalam upaya untuk menggalang dukungan rakyat Palestina di sekitar kepemimpinannya dan mengejar kemenangan melawan Israel.

Tim Analisis Propaganda Arab, sebuah kelompok khusus yang terdiri dari para ahli bahasa Arab yang berspesialisasi dalam mengumpulkan dan menganalisis propaganda militan dalam bahasa Arab, di Proyek Keamanan dan Ancaman Universitas Chicago meneliti propaganda berbahasa Arab yang diproduksi oleh Hamas dan sayap militernya, Brigade Al Qassam, dan disebarkan melalui kanal Telegram resmi brigade tersebut setelah serangan 7 Oktober.

Saluran Telegram yang memiliki lebih dari 500 ribu pelanggan ini telah merilis pesan, gambar, video, dan propaganda lainnya hampir setiap hari sejak serangan 7 Oktober. Sebuah laporan oleh Mohamed Elgohari, pemimpin tim peneliti, mengurai lebih dari 500 bit propaganda dari 7 Oktober 2023 hingga 27 Mei 2024.

Tidak diketahui berapa banyak orang Palestina yang mengonsumsi materi ini secara online, tetapi Gaza dan Tepi Barat memiliki akses Internet setiap hari, meskipun terputus-putus. Konten digital Hamas mencerminkan upaya propaganda analognya di jaringan komunitas lokal. 

Materi tersebut berpusat pada tiga tema: rakyat Palestina tidak memiliki pilihan selain berperang karena Israel bertekad untuk melakukan kekejaman yang tak terkatakan terhadap semua orang Palestina meskipun mereka tidak terlibat dalam operasi militer, di bawah kepemimpinan Hamas, Palestina dapat mengalahkan Israel di medan perang, dan para pejuang yang mati dalam pertempuran akan diberikan kehormatan dan kemuliaan.

Hamas telah memposting sejumlah besar video, pernyataan, dan materi lainnya untuk menyatakan bahwa serangannya terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober merupakan tanggapan yang diperlukan dan dibenarkan terhadap pendudukan, kekejaman, dan agresi Israel terhadap rakyat Palestina, termasuk serbuan yang sering terjadi ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem oleh pasukan keamanan Israel serta para aktivis dan pemukim Israel. 

Pertimbangkan sebuah pernyataan Hamas yang awalnya diposting pada 22 Januari dan disebarkan secara luas bahkan di media Israel. Deklarasi yang luas ini menjelaskan secara mendalam pembenaran kelompok tersebut untuk menyerang Israel, dengan fokus pada apa yang mereka gambarkan sebagai keluhan yang sudah berlangsung lama tentang tindakan pemerintah dan pemukim Israel.

Termasuk penyusupan Israel ke dalam Masjid Al Aqsa di Yerusalem dan pembatasan yang dilakukan terhadap para jamaah Palestina di sana, perluasan permukiman yang terus berlanjut di Tepi Barat, perlakuan yang diduga mengerikan yang diberikan kepada para tahanan Palestina di Israel, serta pengepungan dan blokade fungsional Israel atas Gaza serta pemberlakuan kebijakan yang mirip apartheid di Tepi Barat. Pernyataan ini hanyalah salah satu dari puluhan tulisan yang membuat poin-poin serupa.

Banyak video, gambar, dan poster yang menekankan kehebatan militer Hamas, menampilkan serangan yang berhasil terhadap target-target Israel, terutama kendaraan lapis baja dan tank.

Postingan-postingan ini bertujuan untuk memproyeksikan kekuatan dan efektivitas kelompok ini, menunjukkan bahwa Hamas dapat menimbulkan kerusakan yang signifikan pada musuhnya yang unggul secara teknologi.

Dalam propaganda ini, para pejuang tampil dengan perlengkapan tempur lengkap dan seragam taktis, dilengkapi dengan helm, kacamata, dan persenjataan canggih, menyoroti kesiapan operasional mereka.

Simbolisme agama, seperti ayat-ayat Alquran, juga banyak ditampilkan, menggambarkan perjuangan Hamas sebagai perjuangan spiritual. Propaganda membantu mengangkat para pejuang yang gugur menjadi martir, yang mati melawan Israel untuk tujuan mulia dan direstui Tuhan. Pemuliaan atas kemartiran mereka mengilhami para calon anggota baru.

Propaganda Hamas sejak 7 Oktober sangat sesuai dengan hasil yang ditemukan dalam survei PSR mengenai sikap warga Palestina. Kesesuaian yang erat antara substansi propaganda Hamas dan meningkatnya dukungan yang ditemukan untuk Hamas secara khusus dan untuk perjuangan bersenjata melawan Israel secara umum dalam survei PSR.

Survei menunjukkan bahwa baik Hamas merangsang dukungan tersebut atau propagandanya mencerminkan alasan-alasan utama untuk dukungan tersebut. Apapun itu, Hamas memanfaatkan perang untuk tumbuh lebih kuat melalui pengentalan dan pelebaran ikatan antara masyarakat dan kelompok militan tersebut.

Keenam, dukungan untuk Hamas melonjak

Melalui laporannya bertajuk Hamas Is Winning Why Israel’s Failing Strategy Makes Its Enemy Stronger, media yang concern terhadap kebijakan luar negeri Amerika Serikat, Foreign Affairs mengeluarkan kesimpulan yang intinya menyebut Hamas menang telak dari Israel.

Sang Penulis, Robert A Pape, Profesor Ilmu Politik dan Direktur Proyek Keamanan dan Ancaman Chicago di Universitas Chicago menyebut Hamas lebih kuat hari ini dibandingkan dengan 7 Oktober.

Dinamika ini membantu ....

Dinamika ini membantu menjelaskan kekuatan Hamas dalam perangnya dengan Israel. Untuk menilai kekuatan sebenarnya dari kelompok ini, para analis harus mempertimbangkan berbagai dimensi dukungannya di kalangan warga Palestina.

Hal ini termasuk popularitasnya dibandingkan dengan saingan politiknya, sejauh mana warga Palestina memandang kekerasan Hamas terhadap warga sipil Israel dapat diterima, dan berapa banyak warga Palestina yang telah kehilangan anggota keluarga dalam invasi Israel ke Gaza yang sedang berlangsung.

Faktor-faktor ini, lebih dari sekadar faktor material, memberikan ukuran terbaik bagi kekuatan Hamas untuk melakukan kampanye teroris yang berlarut-larut di masa depan.

Survei opini Palestina dapat membantu menilai sejauh mana dukungan masyarakat terhadap Hamas. Untuk memperhitungkan tantangan dalam mensurvei populasi di Gaza sejak 7 Oktober, Pusat Penelitian Kebijakan dan Survei Palestina (PSR), sebuah organisasi jajak pendapat yang didirikan pada 1993 setelah perjanjian Oslo yang berkolaborasi dengan lembaga-lembaga Israel, menyertakan wawancara dengan para pengungsi di tempat penampungan sementara dan secara kasar menggandakan jumlah responden yang diwawancarai karena distribusi penduduk yang tidak menentu dan terus berubah-ubah di wilayah tersebut.

Lima survei PSR dari Juni 2023 hingga yang terbaru, yang diselesaikan pada Juni 2024, menyajikan temuan yang mencolok: dalam hampir semua ukuran, Hamas memiliki lebih banyak dukungan di antara warga Palestina saat ini daripada sebelum 7 Oktober.

Dukungan politik untuk Hamas telah berkembang, terutama dibandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya, meskipun Hamas dan saingan utamanya, Fatah, menikmati tingkat dukungan yang kurang lebih setara pada Juni 2023, pada Juni 2024, dua kali lebih banyak orang Palestina yang mendukung Hamas (40 persen dibandingkan dengan 20 persen untuk Fatah).

Serangan Israel tidak membuat warga Palestina berbalik arah tidak mendukung Hamas.
Pengeboman dan invasi darat Israel ke Gaza tidak mengurangi dukungan Palestina terhadap serangan terhadap warga sipil Israel di dalam wilayah Israel atau secara nyata menurunkan dukungan terhadap serangan 7 Oktober itu sendiri.

Pada Maret 2024, 73 persen warga Palestina percaya bahwa Hamas benar dalam melancarkan serangan 7 Oktober. Angka-angka ini sangat tinggi, tidak hanya setelah serangan itu mendorong kampanye brutal Israel tetapi juga mengingat fakta bahwa jumlah yang lebih rendah, 53 persen, warga Palestina mendukung serangan bersenjata terhadap warga sipil Israel pada September 2023.

Hamas sedang menikmati momen "kibarkan bendera", yang membantu menjelaskan mengapa warga Gaza tidak memberikan informasi intelijen yang lebih banyak kepada pasukan Israel mengenai keberadaan para pemimpin Hamas dan sandera Israel.

Dukungan terhadap serangan bersenjata terhadap warga sipil Israel tampaknya telah meningkat terutama di kalangan warga Palestina di Tepi Barat, yang kini setara dengan tingkat dukungan yang tinggi secara konsisten terhadap serangan-serangan ini di Gaza, yang menunjukkan bahwa Hamas telah memperoleh keuntungan yang luas di seluruh masyarakat Palestina sejak tanggal 7 Oktober.

Data survei juga menunjukkan bagaimana kampanye militer Israel telah mempengaruhi warga Palestina. Pada Maret 2024, bobot harga yang dirasakan dari perang terhadap penduduk Palestina sangat tinggi.

Enam puluh persen warga Palestina di Gaza melaporkan bahwa anggota keluarga mereka terbunuh dalam perang saat ini, sementara lebih dari tiga perempatnya melaporkan bahwa anggota keluarga mereka terbunuh atau terluka, kedua angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Desember 2023.

Hukuman ini tidak memberikan efek jera yang signifikan di kalangan warga Palestina, gagal mengurangi dukungan mereka terhadap serangan bersenjata terhadap warga sipil Israel dan dukungan mereka terhadap Hamas.

Sebelum 7 Oktober, Hamas telah mengalami kemunduran sebagai sebuah kekuatan politik dan, jika ada, mengalami kemunduran. Kelompok ini khawatir bahwa perjuangan mereka-dan nasib rakyat Palestina secara lebih luas-sedang dikesampingkan oleh Perjanjian Abraham, perjanjian yang berusaha menormalkan hubungan antara Israel dan negara-negara Arab.

Sebelum serangannya terhadap Israel pada 7 Oktober, Hamas memperhitungkan masa depan yang tidak relevan, dengan semakin sedikitnya alasan bagi warga Palestina untuk mendukung kelompok tersebut.

Setelah 7 Oktober, dukungan Palestina terhadap Hamas melonjak, sehingga merugikan keamanan Israel. Ya, Israel telah membunuh ribuan pejuang Hamas di Gaza. Namun, kehilangan para pejuang generasi saat ini telah diimbangi dengan meningkatnya dukungan terhadap Hamas dan kemampuan kelompok ini untuk merekrut generasi berikutnya dengan lebih baik.

 

Tumbangnya Narasi Israel - (Republika)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler