Tips Hemat Belanja Bulanan

Buat inventaris sebelum belanja, sehingga tak perlu membeli barang yang sama.

www.freepik.com
Belanja bulanan (ilustrasi).
Rep: Dian Fath Risalah Red: Gita Amanda

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Jangan bersedih, Anda bukan satu-satunya orang yang merasakan dampak dari inflasi saat berbelanja. Kenaikan harga untuk sejumlah barang terutama makanan cukup tinggi sekitar 21 persen, dari tiga tahun yang lalu.

Baca Juga


"Ketika inflasi naik, itu mengurangi kemampuan orang untuk membeli makanan dengan meningkatkan biaya keseluruhan barang," kata Analis untuk WalletHub Cassandra Happe dikutip dari AP, Jumat (12/7/2024) lalu.

Tak seperti beberapa barang lainnya, Anda tidak bisa berhenti membeli makanan saat mereka menjadi mahal. Tidak ada yang dapat Anda lakukan tentang inflasi, tetapi Anda dapat menemukan cara untuk menghemat pembelian makanan sehingga mereka tidak sangat mempengaruhi dompet Anda atau kebiasaan makan Anda.

 

Manfaatkan promo diskon

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan promo diskon. Banyak toko, menyediakan promo di aplikasi mereka. Sejumlah aplikasi dompet digital juga kerap mengeluarkan promo diskon untuk beberapa barang tertentu di super market atau mini market. Anda bisa membeli barang-barang kebutuhan saat ada diskon atau proma.

Belanja secara daring

Jika Anda cenderung membeli barang yang tak dibutuhkan, akan lebih baik untuk berbelanja secara daring. Selain menghemat tenaga, belanja daring juga biasanya lebih murah dan mencegah "lapar mata" membeli barang yang sebenarnya tak benar-benar di butuhkan.

Catat pengeluaran... (baca di halaman selanjutnya)

Susun anggaran dan catat pengeluaran

"Mulailah dengan meninjau berapa banyak yang telah Anda belanjakan saat terakhir berbelanja bahan makanan," saran Wakil Editor AARP Bulletin David Brindley, dilansir dari laman The Associated Press.

Selain menyimpan struk, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengecek pengeluaran adalah melihat mutasi rekening bank dan jumlahkan biaya belanjaan. "Setelah Anda mengetahui berapa banyak yang Anda belanjakan untuk belanjaan, tetapkan tujuan, misalnya, tetap dalam anggaran tertentu atau mengurangi pengeluaran Anda," katanya.

 

Cek kebutuhan di rumah

Pakar keuangan pribadi dan manajer media sosial di aplikasi penganggaran YNAB Sarah Schweisthal juga menyarankan agar selalu mengecek kebutuhan di rumah. Bila perlu selalu membuat inventaris sehingga tidak perlu membeli barang yang sama dengan yang sudah dimiliki.

"Pastikan Anda tahu apa saja yang saat ini ada di lemari es dan dapur Anda," ujar Sarah. 

Buat list belanja

Setelah melacak pengeluaran dan menginventarisasi, langkah selanjutnya adalah membuat rencana atau list belanja. "Tuliskan barang-barang yang ingin Anda beli dan perkiraan biayanya, pastikan Anda tetap sesuai anggaran. Perencanaan makanan untuk seminggu atau sebulan dapat menjadi cara yang baik untuk mengendalikan pengeluaran Anda, kata dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler