Gibran akan Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis di Kota Surabaya

Sekali lagi untuk generasi muda, untuk anak-anak, kita tidak boleh pelit.

Alfian
Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka meninjau program makan bergizi gratis di SDN Tugu 120 Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat (26/7/2024).
Rep: Muhammad Noor Alfian Choir Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka menyampaikan, program uji coba makan bergizi gratis akan digelar di Kota Surabaya, Jawa Timur pada pekan depan. "Nanti akan kami coba di Surabaya," kata Gibran di SDN Tugu 120 Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat (26/7/2024).

Baca Juga


Selain Surabaya, Gibran juga akan menggelar uji coba di sejumlah daerah lainnya. Namun, ia tak menyebut daerah tersebut secara rinci. "Saya sambil ngecek ke beberapa tempat. Minggu depan akan ke Surabaya, dan ditambahi di daerah lain juga," kata mantan wali kota Solo tersebut.

Ditanya apakah uji coba akan dilakukan di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), Gibran tak menampik hal tersebut. Menurut dia, alasan adanya penambahan daerah karena uji coba yang telah dilakukan di Sentul dan Hambalang, Kabupaten Bogor dan di Jebres, Kota Solo, bisa berjalan lancar.

"Saat ini Sentul, Hambalang, Solo, (dan pekan depan) Surabaya. Nanti Akan kami tambah daerah lain. Pokoknya dalam satu pekan saya ngecek ke banyak tempat. Akan kami tambahi dalam waktu dekat. Karena yang di Solo dan Sentul sudah jalan lancar akan kami tambahi daerah-daerah lain," kata Gibran.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut menyampaikan, pada uji coba berikutnya bakal ada ada variasi biaya setiap menu di daerah. Alasannya karena menu yang disajikan tergantung komoditas di setiap kota atau kabupaten tersebut.

"Mungkin di tiap kota cost-nya beda, itu nggak masalah. Nanti Ada penyesuaian. Mungkin di menu ayam, sayur atau diganti telur, diganti ikan tergantung komoditas di setiap daerah," kata Gibran.

Kendati demikian, Gibran menegaskan, anggaran program tersebut di kisaran Rp 14.900 per porsi. Hal itu sekaligus menampik kabar soal anggaran program unggulan Prabowo-Gibran tersebut dipangkas menjadi Rp 7.500 per porsi.

"Yang jelas sekali lagi, ini masih proses uji coba pasti banyak masukan dan evaluasi. Hampir sama yang kayak di Sentul biaya Rp 14.900. Ini sudah termasuk susu. Kita pastikan sekali lagi biaya antara Rp 15.000 itu, jadi tidak ada namanya anggaran makan bergizi gratis Rp 7.500. Sekali lagi untuk generasi muda, untuk anak-anak, kita tidak boleh pelit," kata Gibran.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler