Tifatul Unggah Foto Ruhama-Shinta, PKS Batal Dukung Marshel Widianto di Pilkada Tangsel

PKS sebelumnya sempat mendukung pasangan Ahmad Riza Patria dan Marshel Widianto.

Republika/Nawir Arsyad Akbar
Mantan Presiden PKS, Tifatul Sembiring.
Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diadopsinya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) secara utuh dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Pilkada 2024 memicu perubahan konstelasi koalisi di pilkada. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) misalnya, kini mengusung pasangan Ruhama-Shinta.

Hal itu diketahui dari unggahan politisi senior PKS, Tifatul Sembiring di akun X, Senin (26/8/2024). "Insya Allah PKS mengusung pasangan Ruhama-Shinta di Pilkada Tangerang Selatan. Mengalihkan dari yg sebelumnya ke Riza-Marshel," ujar Tifatul.

Diketahui sebelumnya, PKS ikut bergabung mendukung pasangan Riza Patria dan komika Marshel Widianto untuk Pilkada Kota Tangerang Selatan. Dukungan resmi bahkan pekan lalu diberikan langsung oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu kepada Marshel.

Sebelumnya, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menyatakan akan mengusung komika Marshel Widianto untuk menjadi calon wali kota Tangsel dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024. Selain itu, Gerindra juga akan mengusung Ketua DPD Gerindra Provinsi Banten Andra Soni sebagai calon gubernur (cagub) Banten.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, partainya sudah memutuskan untuk mengusung Andra sebagai cagub Banten dan Marshel sebagai calon wakil wali kota Tangsel.

Hal itu diungkapkan Dasco saat membuka Silaturahmi dan Konsolidasi Kader Partai Gerindra Kota Tangsel di Hotel Trembesi, BSD Kota Tangsel pada Rabu (19/06/2024).

“Saya tegaskan instruksi bahwa calon gubernur Banten yaitu Andra Soni dan calon wakil walikota Tangerang Selatan yaitu Marshel Widianto,” kata dia melalui keterangan, Kamis (20/7/2024).

 

 

 

 

Komika Marshel Widianto diketahui banyak mendapat cibiran warganet lantaran maju sebagai calon wakil wali kota (wawalkot) Tangsel. Marshel dicibir karena rekam jejaknya sebelum kondang menjadi komika.

Marshel pun mengaku memantau berbagai komentar mengenai dirinya di media sosial. Namun, ia menilai berbagai komentar itu diberikan karena warganet menghormati dirinya.

"Itu adalah bisa dibilang apa yang selalu dilakukan oleh para stand up comedian ketika dia respect dengan orang yang dibicarakan. Itu sama saja dengan roasting-lah istilahnya, ketika kita roasting mereka berarti respect orang yang di-roasting," kata dia di Kantor DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2024).

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler