Habib Bahar: Gembul, Ente Dengar Ini!

Habib Bahar menanggapi Guru Gembul soal satu habib bodoh lebih mulia dari 70 alim.

REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Habib Bahar menanggapi Guru Gembul soal satu habib bodoh lebih mulia dari 70 alim. Foto: Habib Bahar bin Smith
Red: Muhammad Hafil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Habib Bahar bin Smith di akun youtubenya @Sayyid Bahar bin Sumaith Official menanggapi soal kritikan Guru Gembul. Di mana, Guru Gembul mengkritik habib yang menyebut satu orang habib bodoh lebih mulia dari 70 kiai alim berilmu.

Terkait kritik ini, Habib Bahar mengatakan, "Gembul ente dengar ini!" ujar Habib Bahar sebelum menjelaskan pernyataannya.

Menurut Habib Bahar, Rabithah Alawiyah berpegang teguh pada tariqah Baalawi. Dan, Habib mempersilakan untuk membuka kitab Al Manhaj Al Sawi yang ditulis oleh Syekh Abil Hasan As Sindi.

Di kitab itu, Syekh Abil Hasan As Sindi  ditanya mana afdol (lebih utama) Syarif (sayyid, habib) atau orang yang berilmu.
Menurut Habib Bahar, (di salah satu video), dia sedang mengajar dan membuka kitab tersebut.

"Bukan Bahar yang ngomong, tapi Syekh ABil Hasan As Sindi dalam kitab itu," ujar Habib Bahar.

Menurut Habib Bahar, ketika Syekh Abil Hasan ditanya soal itu, maka dia merenung dan menunduk. Kemudian, dia mengangkat kepalanya dan menjawab bahwa habib bodoh lebih utama dari pada orang berilmu.
 
Sebelumnya diberitakan, beredar video Habib Bahar  yang mengatakan bahwa seorang habib walau bodoh lebih mulia dari 70 kiai alim. Guru Gembul menyampaikan hal tersebut dalam Diskusi dan Seminar Seputar Isu Nasab dan Isu Keislaman yang diselenggarakan Rabithah Alawiyah dan ditayangkan di Youtube channel Nabawi TV pada Ahad (8/9/2024).

Di tengah diskusi, Guru Gembul mengatakan, coba bayangkan orang kampung belajar iqro, akidah, dan sejarah Islam dari ustaz dan kiai yang sangat mereka cintai. Lalu ada cerita bahwa kiai mereka derajatnya di bawah kaki habib tukang narkoba. Rasakan bagaimana sakit hatinya mereka ketika mendengarkan narasi yang seperti itu.

"Bahwa kemudian (ada narasi) habib terbodoh itu 70 kali lipat lebih mulia daripada kiai-kiai," kata Guru Gembul, dikutip dari tayangan di channel Nabawi TV, Ahad (8/9/2024).

Guru Gembul mengatakan, coba kalau misalkan seseorang ikut pengajian dan bertemu dengan kiai yang ilmunya luar biasa, bersalaman dengan kiai tersebut. Kiai tersebut memberikan kontribusi kepada kehidupannya karena telah memberikan pencerahan.

"Lalu dikatakan bahwa mereka (kiai) itu enggak seberapa dibandingkan dengan habib paling bodoh, bisa nggak merasakan penderitaan dan sakit hati yang luar biasa dari situ," ujar Guru Gembul.

Baca Juga


Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler