Megawati Hampir Pasti Umumkan Anies-Rano di Pilgub Jakarta, Ini Info dari Elite DPP PDIP

Anies siang ini menemui Megawati di kantor DPP PDIP.

Dok Republika
Anies Baswedan Pamit dengan Ibunya Aliyah Rasyid Baswedan sebelum Temui Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri, Senin (26/8/2024)
Rep: Bambang Noroyono Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PDI Perjuangan (PDIP) hampir dipastikan mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Anies Baswedan dan Rano Karno pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta tahun 2024 di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (26/8/2024) siang. Hal itu disampaikan oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Sumber Daya Said Abdullah.

Baca Juga


"Insyaallah (PDIP mendeklarasikan dukungan kepada Anies-Rano Karno)," kata Said saat dikonfirmasi awak media dari Jakarta, Senin.

Sementara, politikus PDIP Hendrawan Supratikno mengatakan, pasangan cagub-cawagub tersebut tinggal menunggu untuk diumumkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri, Senin (26/8/2024).

"Tunggu saja sebentar lagi. Tunggu dengan seksama," kata Hendrawan melalui pesan singkatnya, Senin (26/8/2024).

Hendrawan mengatakan, yang berhak mengumumkan pasangan Anies dan Rano adalah Megawati selaku ketua umum. "Tunggu saja," ujar Hendrawan.

Sementara itu, Juru Bicara Anies Baswedan, Angga Putra Fidrian, mengungkapkan bahwa Gubernur DKI Jakarta periode 2017–2022 itu dijadwalkan ke Kantor DPP PDI Perjuangan yang berlokasi di Jalan Diponegoro Nomor 58, Jakarta, pada Senin siang. Meski begitu, Angga enggan menjelaskan lebih detail mengenai tujuan kunjungan Anies Baswedan ke markas partai berlambang banteng moncong putih itu.

"Iya ke DPP, tetapi detailnya bisa ditanya ke PDIP," ujar Angga saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin pagi.

Diketahui, Anies sudah menyiapkan baju merah dan meminta restu dari ibunda sebelum berangkat ke DPP PDIP. Hal ini pun menjadi sinyal bahwa Anies akan didukung PDIP untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024. Ia pun tengah menunggu arahan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Saya mengikuti proses, kita tunggu saja sampai teman-teman di PDI Perjuangan menyampaikan kepada saya. Tentu semuanya menunggu arahan dari Ibu Ketua Umum, Ibu Megawati. Saya menunggu," ujar Anies Baswedan kepada wartawan di Posko Pemenangan Partai Buruh, Jakarta, Ahad (25/8/2024).

Anies Rasyid Baswedan pada hari ini telah meminta restu Ibunya Aliyah Rasyid Baswedan sebelum menemui Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri. Dari dokumentasi yang disampaikan ke wartawan, Senin (26/8/2024) Anies pamit kepada Ibunya, di kediaman Lebak Bulus, Jakarta Selatan (Jaksel). Anies keluar rumah mengenakan batik tenun merah terang lengan panjang bermotif.

"Insya Allah, Anies dimudahkan dalam mengemban amanah apapun. Semoga Anies selalu diiringi dan diberikan pertolongan oleh Allah Subhanawata'ala," begitu kata sang ibunda.

Berbiicara terpisah, Wakil Sekretaris Jenderal PDIP, Adian Napitupulu mengimbau kepada para Ahokers, pendukung Basuki Tjajapurnama untuk selalu mendukung apapun keputusan dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri perihal Pilkada DKI Jakarta 2024. Adian mengatakan, siapapun yang ditunjuk Megawati menjadi cagub Jakarta merupakan bukti partainya yang tak bisa didikte pihak manapun.

“Perbedaan pendapat dalam mendukung suatu calon di sebuah kontestasi itu biasa terjadi di man saja. Namun nantinya, keputusan yang akan diambil oleh Ibu Megawati, harus dipegang teguh oleh seluruh kader. Termasuk Ahokers,” kata Adian dalam siaran pers yang diterima Republika di Jakarta, pada Senin (26/8/2024).

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler