Menjamak Sholat Jumat dengan Ashar karena Traveling, Bolehkah?

Sholat Jumat adalah ibadah yang identik dengan orang yang bermukim.

AP Photo/Ohad Zwigenberg
Umat Islam melakukan ibadah sholat Jumat awal Ramadhan di depan gerbang masuk menuju Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, Jumat (15/3/2024). Israel melakukan berbagai pembatasan untuk umat muslim masuk ke masjid Al-Aqsa di hari Jumat  pertama bulan suci Ramadhan. Jamaah wajib mendapatkan surat izin dan kartu magnet valid untuk bisa masuk ke masjid. Tentara Israel juga memasang penghalang di tiga gerbang menuju masjid Al-Aqsa. Sholat Jumat awal Ramadhan di masjid Al-Aqsa terlihat dihadiri ribuan umat muslim.
Red: A.Syalaby Ichsan

REPUBLIKA.CO.ID, Islam kerap memberi fasilitas kemudahan dalam beribadah bagi mereka yang sedang dalam perjalanan. Mereka bisa menjalankan sholat dengan cara menjamak atau qashar bahkan dengan jamak qashar.

Baca Juga


Dikutip dari laman Islamweb, orang yang sedang dalam perjalanan (musafir) pun tidak diwajibkan melaksanakan sholat Jumat. Jika waktu Jumat bertepatan dengan saat ia sedang singgah di suatu tempat, ia boleh melakukannya, dan itu sudah cukup untuk menggugurkan kewajiban sholat Zuhurnya.

Adapun tentang menjamak sholat Jumat dengan Ashar, ada dua pendapat ulama terkait hal ini. Sebagian berpendapat bahwa musafir boleh menjamak antara keduanya dengan Jamak Taqdim, dengan cara melaksanakan sholat Ashar dua rakaat setelah selesai shalat Jumat. Pemilik pendapat ini beralasan bahwa sholat Jumat adalah ganti shalat Zuhur.

Apabila seorang musafir boleh menjamak sholat Zuhur dengan Ashar, berarti ia juga boleh menjamak sholat Jumat dengan Ashar, karena suatu pengganti memakai hukum apa yang digantikannya. Tetapi sebagian ulama berpendapat tidak boleh bagi musafir menjamak antara sholat Jumat dengan Ashar. Alasannya adalah karena sholat Jumat tidak wajib dilakukan dalam perjalanan.

Artinya, sholat Jumat adalah ibadah yang identik dengan orang yang bermukim, sementara jamak adalah tata cara ibadah yang biasanya identik dengan musafir. Perbedaan situasi tersebut  membuat berbeda pula kewajiban-kewajiban yang ada di dalamnya.

Pendapat yang terkuat mungkin adalah pendapat yang pertama, karena selagi sholat Jumat merupakan pengganti bagi sholat Zuhur, maka ia pun memakai hukumnya, walaupun ia (shalat Zuhur) dikhususkan untuk orang-orang yang bermukim saja.

sumber : Islamweb
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler