Jelang Duel di Liga Champions, Arne Slot: Liverpool Hormati Milan

Liverpool akan bertandang ke markas Milan di San Siro, Rabu dini hari WIB.

AP Photo/Dave Thompson
Pelatih Liverpool Arne Slot
Rep: Fitriyanto Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool sangat menghormati klub Italia AC Milan. Namun, raksasa Liga Primer Inggris itu tidak akan terintimidasi ketika kedua raksasa Eropa itu berhadapan dalam pertandingan pembuka Liga Champions di San Siro, Rabu (18/9/2024) dini hari WIB. Pernyataan ini disampaikan pelatih Arne Slot dalam konferensi pers Senin (16/9/2024).

Baca Juga


Sementara transisi Liverpool dari era Jurgen Klopp tampak mulus ketika the Reds memulai musim dengan tiga kemenangan liga tanpa kebobolan satu gol pun. Namun jelang perjalanan ke Milan, Liverpool menelan kekalahan mengejutkan 0-1 dari Nottingham Forest di Anfield, akhir pekan lalu.

Ketangguhan Liverpool akan diuji juara tujuh kali Liga Champions AC Milan. Klub Italia itu belum dalam performa terbaiknya di Serie A dan terpuruk di papan tengah dengan lima poin dari empat pertandingan. Namun, skuad Paulo Fonseca tetap menjadi tim yang tangguh.

"Saya tidak berpikir ada manajer yang takut bermain melawan tim lain tetapi kami sangat menghormati AC Milan. Mereka punya kualitas, kami tidak takut, tetapi kami menghormati semua pemain mereka," kata Slot kepada wartawan menjelang pertandingan.

Menurut Slot, Milan telah menunjukkan dalam performa yang baik dengan kemenangan 4-0 melawan Venezia di Serie A pada akhir pekan lalu. Namun takut bukanlah kata yang akan digunakan Liverpool, melainkan rasa hormat.

Pemain baru Liverpool Federico Chiesa kemungkinan tidak akan bermain melawan Milan, kata Slot sambil memuji pemain depan Italia berusia 26 tahun itu. Chiesa belum bermain untuk klub Merseyside itu, setelah bergabung pada jendela transfer musim panas dari raksasa Italia Juventus.

"Mengapa kami mendatangkannya. Saya mendatangkan pemain berkualitas dan saya yakin dia berkualitas. Menggabungkan kualitas dengan etos kerja dan budaya klub ini, tim ini, ia menghadirkannya dengan kombinasi beberapa posisi," kata pelatih asal Belanda itu.

Menurut Slot, akan menjadi kejutan besar jika Chiesa dimainkan sejak awal. Namun Slot berjanji, Chiesa akan bermain beberapa menit jika dibutuhkan.

"Ia sudah berlatih dan terlalu dini untuk bermain 90 menit, tetapi mudah-mudahan ia akan bermain beberapa menit di pertandingan mendatang," kata Slot.

Kiper Liverpool asal Brasil, Alisson Becker, bersemangat untuk bermain di Liga Champions saat klub kembali ke kompetisi tersebut setelah absen selama satu musim.

"Bayangkan sesuatu yang sangat Anda sukai dan kemudian Anda tidak melakukannya selama setahun, betapa Anda akan menantikannya lagi. Begitulah perasaan kami," kata Alisson, yang membantu Liverpool memenangkan gelar pada 2019.

"Bermain di Liga Champions adalah salah satu alasan saya datang ke Eropa dari Brasil. Tidak bermain di sana musim lalu sungguh sulit. Namun di sinilah kami lagi, lolos dari liga yang sangat sulit di Liga Primer," tegasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler