Cawagub Suswono Tebar Janji Lindungi Pengemudi Ojol

Cawagub Suswono akan perjuangkan nasib Ojol.

Republika/Prayogi
Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil dan bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Suswono saat menghadiri launching Jalak Nasional dan deklarasi kolaborasi komunitas relawan se Jakarta di Kawasan Ampera, Jakarta, Ahad (1/9/2024). Deklarasi ini merupakan bentuk dukungan segaligus upaya memenangkan pasangan Ridwan Kamil dan Suswono dalam Pilgub DKI Jakarta mendatang.
Rep: Rizky Suryarandika Red: Erdy Nasrul

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon Wakil Gubernur Daerah Khusus Jakarta (DKJ), Suswono menebar janji melindungi para pengemudi ojek online (ojol) di Jakarta. Suswono berjanji akan mendengar keluhan mereka.

Baca Juga


Hal itu dikatakan Suswono saat menghadiri Deklarasi dan Kontrak BOS-RIDO (Barisan Ojol Sahabat RIDO) di Terminal Rawamangun, Jakarta Timur. BOS-RIDO merupakan inisiatif memperkuat dukungan terhadap pengemudi ojek online (ojol) di Jakarta.

Suswono menyampaikan buruh dan pengemudi ojol memiliki peran krusial dalam menjaga keberlangsungan roda ekonomi Jakarta. Pengemudi ojol bukan hanya sebagai pelaku transportasi, melainkan juga tulang punggung bagi pergerakan barang dan jasa di kota ini.

"Oleh karena itu, pasangan RIDO merasa sangat penting untuk memastikan bahwa mereka mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah," kata Suswono, Ahad (22/9/2024).

Melalui forum ini, para pengemudi ojol menyampaikan berbagai aspirasi mereka. Salah satunya mengenai potongan asuransi yang dilakukan langsung dari pendapatan harian mereka.

Selain itu, mereka juga berharap agar pemerintah bisa memberikan kemudahan dengan menggratiskan iuran BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) bagi pengemudi ojol serta menyediakan perlindungan yang lebih komprehensif, terutama dalam hal penggantian biaya jika terjadi kecelakaan saat bekerja.

"Jika pasangan RIDO terpilih, kami berkomitmen untuk mengundang perusahaan aplikasi ojek online untuk duduk bersama membahas isu-isu yang dihadapi pengemudi, termasuk pemotongan asuransi yang dinilai merugikan," ujar Suswono.

Suswono menekankan pentingnya keterlibatan pengemudi ojol dalam proses pembuatan kebijakan yang menyangkut kesejahteraan mereka. Ia berencana mengundang perwakilan pengemudi ojol untuk berdiskusi secara langsung guna mendengar lebih jauh kebutuhan dan tantangan yang mereka hadapi sehari-hari.

"Negara harus hadir untuk memenuhi kebutuhan warganya. Dalam pandangan RIDO, pemerintah yang baik adalah yang mampu memastikan setiap warganya pintar, kenyang, dan sehat," ujar Suswono.

"Dengan kebijakan yang berpihak pada buruh dan pengemudi ojol, pasangan RIDO optimis dapat menciptakan Jakarta yang lebih berkeadilan, di mana seluruh elemen masyarakat, termasuk pekerja informal, mendapatkan hak dan perlindungan yang layak," ucap Suswono. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler