CKB Logistics Tingkatkan Aktivitas Pertambangan di Kalimantan

CKB Logistics resmikan kantor di Pontianak.

Dok Republika
Armada CKB Logistics yang tersebar di wilayah operasional
Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia menjadi salah satu negara penghasil bauksit terbesar di dunia karena disokong oleh Kalimantan Barat, misalnya dari wilayah Kabupaten Melawi, Sambas, Kapuas Halus, hingga Mempawah. Tak hanya menghasilkan bauksit, Kalimantan Barat juga menghasilkan intan, aluminium, nikel, bijih besi, hingga emas.

Baca Juga


Atas kekayaan alam yang dimilikinya, wilayah yang dikenal dengan Seribu Sungai ini pun menyimpan 62,1 persen dari total potensi cadangan dan sumber daya batu bara, sehingga dijuluki sebagai daerah penghasil batu bara terbesar di Indonesia.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pun mengamini Kalimantan mempunyai 88,31 miliar ton sumber daya batu bara. Bahkan, jumlah cadangannya nyaris menyentuh 25,84 miliar ton.

Melihat potensi tersebut, PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) selaku perusahaan logistik terkemuka di Indonesia membidik kawasan Kalimantan guna mendukung industri pertambangan Indonesia khususnya Kalimantan Barat. Melalui pembukaan fasilitas kantor baru di Pontianak, Kalimantan Barat, anak usaha PT ABM Investama Tbk (ABMM) ini dapat menjangkau pasar yang lebih luas, sehingga mampu mendongkrak pertumbuhan ekspor bauksit Indonesia.

Langkah yang diambil CKB Logistics turut sejalan dengan kebutuhan logistik terintegrasi bagi perusahaan tambang bauksit dan produsen aluminium di kawasan tersebut. Masih mengacu data Kementerian ESDM 2024, kebutuhan aluminium dalam negeri kini mencapai 1,2 juta ton per tahun. Di mana, pada 2023, 50 persen pasokan masih berasal dari impor dan 44 persen dari perusahaan dalam negeri.

Cognitive Market Research membeberkan, tahun ini pasar aluminium global disinyalir mencapai 165,2 juta dolar AS. Asia Pasifik menguasai pasar 23 persen dari pendapatan global dengan ukuran pasar 38,40 juta dolar AS.

Sementara itu, sepanjang 2023 Indonesia berhasil mengekspor aluminium senilai 692,5 juta dolar AS ke beberapa negara seperti China, Vietnam, India, Jepang, serta Thailand.

“Kami menyasar wilayah ini karena sebelumnya fasilitas CKB Logistics pun lebih dulu telah beroperasi di Pontianak, sehingga kami berharap Grup ABM khususnya CKB Logistics dapat memperluas jangkauan bisnis,” ujar Business Director Logistics & Distribution CKB Logistics Ety Puspitasari usai meresmikan kantor baru CKB Logistics di Pontianak, Selasa (24/9/2024).

Sebagai perusahaan logistik yang memberikan solusi one stop service, kini jaringan operasional CKB Logistics kian merata. Dengan demikian, peresmian kantor baru di Pontianak kini menambah cakupan operasional perusahaan setelah sebelumnya terkoordinasi di Batam, Riau, Jambi, Makassar, hingga beberapa daerah di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Ia pun berharap, ke depan perusahaan dapat meningkatkan pertumbuhan dan menciptakan bisnis yang merata.

Selama 27 tahun beroperasi, CKB Logistics turut agresif melebarkan sayap bisnisnya dalam mendukung program pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, khususnya di bidang pertambangan. Perusahaan pun berkomitmen menyediakan solusi rantai pasok untuk seluruh aspek industri pertambangan, misalnya pengiriman alat berat, manajemen pelabuhan, transportasi bahan baku, hingga produk industri yang memerlukan penanganan khusus.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler