BREAKING NEWS: Hizbullah Konfirmasi Syahidnya Hassan Nasrallah

Israel jatuhkan 85 bom serang markas Hassan Nasrallah

New York Timer
Seorang anak laki-laki membawa bendera Hizbullah di Jibchit, Lebanon, pada bulan Februari saat ia berlari melewati potret, dari kiri, Ayatollah Ali Khamenei, pemimpin tertinggi Iran saat ini; Ayatollah Ruhollah Khomeini, pemimpin Revolusi Islam Iran; dan Hassan Nasrallah, pemimpin Hizbullah.
Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT - Hizbullah Lebanon telah mengkonfirmasi syahidnya Sekretaris Jenderalnya, Hassan Nasrallah, dalam serangan udara pada Jumat (27/9/2024) malam di markas komando pusat partai di pinggiran selatan ibu kota Lebanon, Beirut.

Baca Juga


“Yang Mulia Sayyed Hassan Nasrallah, Sekretaris Jenderal Hizbullah, bergabung dengan rekan-rekannya, para syuhada yang hebat dan abadi yang telah memimpin perjuangan selama hampir 30 tahun,” demikian pernyataan Hizbullah, dikutip dari Aljazeera, Sabtu (28/9/2024). 

Pernyataan Hizbullah muncul beberapa jam setelah tentara Israel mengkonfirmasi keberhasilan pembunuhan tersebut dan mengatakan bahwa jet-jet tempurnya menjatuhkan sekitar 85 bom penghancur bunker, yang masing-masing seberat satu ton bahan peledak, untuk membunuh Nasrallah.

Sebelumnya, Tentara pendudukan Israel mengkonfirmasi pembunuhan Sekretaris Jenderal Hizbullah Lebanon Hassan Nasrallah dalam serangan bom yang menargetkan markas komando pusat partai tersebut di pinggiran selatan ibu kota Lebanon, Beirut, pada Jumat (27/9/2024) malam.

Tentara Israel mengatakan bahwa jet-jet tempurnya menjatuhkan sekitar 85 bom yang dapat menembus lapis baja, masing-masing seberat satu ton bahan peledak, untuk membunuh Nasrallah, dan menambahkan bahwa pasukannya “berfokus untuk menghilangkan ancaman serangan teroris, termasuk peluru kendali yang dapat menyasar titik-titik strategis”.

Juru bicara militer Israel, Avichai Adrai, juga melaporkan di Xbox bahwa tentara Israel juga membunuh komandan Hizbullah di wilayah selatan, Ali Karaki, dan beberapa komandan lainnya dalam serangan yang sama.

“Kami melihat dampak dari operasi kami pekan lalu terhadap apa yang dapat dilakukan Hizbullah dan kami masih harus menempuh jalan panjang dan Hizbullah masih dapat terus menembaki kami,” kata Reuters mengutip juru bicara IDF.

Radio Angkatan Darat Israel juga mengatakan bahwa komandan Hizbullah, Hashem Safieddine, diperkirakan tidak terbunuh dalam serangan tersebut.

Dalam komentar pertamanya mengenai keberhasilan pembunuhan tersebut, Kepala Staf IDF Herzi Halevy mengatakan bahwa “serangan tersebut telah direncanakan sejak lama dan dilakukan pada waktu yang tepat,” seraya menambahkan, “Ini bukanlah hal terakhir yang kami siapkan, pesannya sederhana saja, siapa pun yang mengancam warga Israel, kami akan mengetahui cara untuk menghabisi mereka.”

Pemimpin oposisi Yair Lapid mengatakan bahwa pengumuman Israel tentang penyingkiran Nasrallah adalah “sebuah pencapaian penting bagi keamanan Israel, dan membiarkan musuh-musuh kita tahu bahwa siapa pun yang menyerang kita akan mati”.

Di Teheran, Komite Keamanan dan Kebijakan Luar Negeri Parlemen Iran menekankan “perlunya menanggapi dengan tegas dan membuat entitas Zionis menyesali kejahatannya.”

Reuters mengutip sumber-sumber yang mengetahui hal ini mengatakan bahwa “Iran terus melakukan kontak dengan Hizbullah dan sekutu-sekutu regional lainnya untuk menentukan langkah selanjutnya.”

Di Beirut, Kantor Perdana Menteri Lebanon mengatakan bahwa pemerintah akan mengadakan sidang luar biasa malam ini untuk membahas perkembangan terkini.

Sebelumnya, para pejabat Israel mengatakan kepada New York Times bahwa serangan hari Jumat dimaksudkan untuk menghancurkan Hizbullah dengan membunuh para pemimpin utamanya dan, jika berhasil, akan memungkinkan Israel untuk menghindari invasi darat ke negara itu.

Pembunuhan sekretaris jenderal Hizbullah “akan menjadi pukulan yang menentukan bagi organisasi politik dan militer Hizbullah di Lebanon, dan bagi rencana kekerasan lebih lanjut oleh Iran”, kata mereka.

Sementara itu...

Sementara itu, asap serangan udara yang gencar dilakukan oleh pesawat-pesawat tempur di berbagai wilayah di Lebanon selatan, Lembah Bekaa dan bahkan Beirut, sebagai indikasi lapangan atas keputusan Israel untuk beralih dari eskalasi militer dengan Hizbullah ke perang terbuka tanpa komprehensif, belum hilang.

Para pejabat politik dan militer Israel sampai bergegas membanggakan diri bahwa Tel Aviv mengembalikan Hizbullah seperti 20 tahun yang lalu.

Kepala Staf Angkatan Darat pendudukan Israel, Herzi Halevi, contohnya, yang menegaskan mereka membongkar kemampuan Hizbullah yang telah dibangun selama 20 tahun.

Demikian pula pernyataan dari Menteri Pertahanan Yoav Galant. Dia mengatakan penghancuran puluhan ribu roket akan berdampak pada kemampuan Hizbullah.

Akan tetapi, di sisi lain, dua pakar Lebanon sepakat dalam pernyataannya kepada Aljazeera.net bahwa “klaim” Israel adalah “palsu” dan termasuk dalam kerangka perang psikologis yang dilancarkan Israel bersamaan dengan agresi militernya.

Mereka mengutip beberapa contoh, terutama fakta bahwa sebagian besar target yang dibom adalah desa-desa dan kota-kota yang berpenduduk, sebagaimana dibuktikan oleh fakta bahwa sebagian besar martir adalah warga sipil.

Pada saat yang sama, kedua ahli ini mengakui bahwa serangan intensif Israel di wilayah geografis yang luas di selatan, Lembah Bekaa, pinggiran selatan Beirut dan pembunuhan banyak pemimpin telah melemahkan kapasitas Hizbullah dalam persentase yang kecil, tetapi kelompok ini masih mempertahankan kejutannya.

Hizbullah juga belum menggunakan senjata presisi dan jarak jauhnya, karena tidak menginginkan perang skala penuh.

Sementara itu, penulis dan analis politik Tawfiq Shuman percaya bahwa pernyataan resmi Israel seperti itu benar-benar bertentangan dengan apa yang dikatakan oleh para komentator senior Israel.

BACA JUGA: Saat Hizbullah Dihajar Habis-habisan, ke Mana Iran dan Balas Dendamnya yang Dinantikan?


Baik di surat kabar maupun di media visual, ketika mereka menyerukan Benjamin Netanyahu untuk menurunkan harapan dan ambisinya agar tidak jatuh ke dalam lubang yang sama seperti yang dia alami di Jalur Gaza.

Shuman percaya bahwa apa yang dikatakan IDF atau mereka yang dekat dengan Netanyahu tentang menghilangkan sebagian besar kemampuan Hizbullah sebesar 50 persen, kurang atau lebih atau bahkan mengembalikan kemampuan militer perlawanan Lebanon seperti sebelum 2006.

“Ini ditujukan secara eksklusif kepada publik Likud, dan mungkin juga kepada segmen tertentu dari publik Haredi yang mendukung menteri-menteri keuangan dan keamanan Israel," kata dia. 

Dia mengutip...

Dia mengutip apa yang dikatakan oleh para komentator Israel, khususnya di surat kabar Maariv dan Yediot Ahronot, tentang kemampuan militer perlawanan Lebanon dan perluasan penargetan kota-kota di pedalaman Israel, dan bahwa mereka akan muncul dalam beberapa hari ke depan.

Hal sama seperti yang dikatakan oleh koresponden Channel 12 Israel, Aaron Ephraim. “Mari kita tunggu hari berikutnya, untuk melihat apa yang dapat dilakukan Hizbullah,” kata dia.

Shuman percaya bahwa wacana media yang dia yakini bersifat politis dan ditujukan kepada publik internal Israel, sepenuhnya bertentangan dengan realitas militer dan lapangan perlawanan Lebanon.

Begitu pula apa yang mulai terjadi pada hari ini dalam hal perluasan cakupan target perlawanan hingga mencapai wilayah sekitar Haifa, Tel Aviv, Nazaret, Acre dan lainnya benar-benar merongrong wacana Israel.

Sementara itu, pakar militer dan strategis Brigadir Jenderal Hisham Jaber mengatakan kepada Aljazeera.net bahwa Hizbullah masih mempertahankan kemampuan militernya dalam menghadapi agresi Israel yang belum pernah terjadi sebelumnya, brutal, dan kejam ini.

Tidak mungkin Hizbullah mengibarkan bendera putih, dan sama sekali tidak mungkin Hizbullah mendengarkan perkataan Israel, dan Hizbullah telah mengorbankan ribuan syuhada demi mempertahankan Lebanon dan mencapai tujuannya.


Jaber menunjukkan bahwa pembicaraan Israel tentang membongkar kemampuan Hizbullah dan memundurkannya 20 tahun hanyalah klaim Israel yang tidak ada hubungannya dengan kebenaran, dan buktinya lebih banyak warga sipil daripada personel militer yang terbunuh.

BACA JUGA: Israel Tebar Selebaran Berbahasa Arab untuk Warga Lebanon, Begini Isinya

Lebih dari 550 syuhada, 85 persen di antaranya adalah warga sipil, dan ini dengan sendirinya menyangkal narasi Israel yang salah. Sementara 70 persen dari target yang dibom oleh penjajah Israel tidak ada hubungannya dengan Hizbullah sama sekali.

Klaim ini memiliki efek sebaliknya, katanya, karena meningkatkan komitmen Hizbullah dalam pertempuran dan meningkatkan solidaritas Lebanon terhadapnya.

Bahkan mereka yang menentangnya sekarang mengatakan bahwa agresi itu harus dilawan, dan membuat mereka bertanya-tanya sampai kapan Hizbullah akan mempertahankan senjata dan rudal-rudalnya yang akurat.

Sebelumnya, kelompok...

Sebelumnya, kelompok Hizbullah di Lebanon pada Rabu (25/9/2024) mengumumkan telah menembakkan rudal ke Tel Aviv untuk pertama kalinya dan menyasar markas badan intelijen Israel, Mossad, di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua pihak.

Dalam sebuah pernyataan, kelompok itu mengatakan mereka menembakkan rudal balistik "Qader-1" ke fasilitas Mossad, yang mereka tuduh bertanggung jawab atas gelombang pembunuhan komandan Hizbullah baru-baru ini dan ribuan ledakan perangkat komunikasi yang digunakan anggotanya, yang menewaskan puluhan orang.

Media Israel, termasuk situs berita Times of Israel, mengutip pernyataan militer yang mengeklaim bahwa rudal Hizbullah berhasil dicegat oleh sistem pertahanan Israel, David's Sling, sebuah sistem pencegat rudal jarak menengah hingga jauh, saat rudal itu mendekati sasaran di pinggiran Tel Aviv.

Sirine berbunyi di Tel Aviv dan kota-kota lain di Israel tengah setelah penembakan tersebut.

BACA JUGA: Berdoa Agar Allah SWT Membalas Orang yang Menzalimi Kita Boleh, Asalkan…

Sementara itu, militer Israel mengumumkan bahwa mereka telah menyerang lokasi peluncur rudal Hizbullah di Lebanon selatan, dengan klaim bahwa lokasi tersebut digunakan untuk menembakkan rudal ke Tel Aviv.

Militer Israel telah melakukan gelombang serangan udara di Lebanon sejak Senin (23/9) dini hari dengan menyasar lokasi-lokasi Hizbullah di tengah meningkatnya pertempuran antara kedua belah pihak.

Serangan udara itu telah menewaskan hampir 560 orang, termasuk 95 wanita dan 50 anak-anak, serta melukai 1.835 lainnya, menurut Menteri Kesehatan Lebanon, Firas Abiad.

Sumber: aljazeera

Persenjataan Hizbullah - (CSIS)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler