Liverpool ke Puncak Klasemen Liga Primer Inggris dengan Kemenangan Atas Wolves

Liverpool mengalahkan Wolves 2-1 dan menyalip Man City di puncak klasemen.

AP Photo/Rui Vieira
Penyerang Liverpool Mohamed Salah (kanan) menjebol gawang Wolverhampton Wanderers dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Molineux, Wolverhampton, Ahad (29/9/2024) dini hari WIB. Liverpool menang 2-1.
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibrahima Konate mencetak gol pertamanya di Liga Primer Inggris dan Mohamed Salah mengonversi tendangan penalti. Dua gol ini membawa Liverpool naik ke puncak klasemen Liga Primer Inggris dengan kemenangan 2-1 atas tim yang sedang kesulitan, Wolverhampton Wanderers, Ahad (29/9/2024) dini hari WIB.

Baca Juga


Pasukan Arne Slot memiliki 15 poin setelah enam pertandingan, satu lebih banyak dari Manchester City dan Arsenal, sementara Wolves berada di posisi terbawah dengan satu poin.

“Rasanya menyenangkan (berada di puncak), Anda ingin berada di atas sana tetapi itu tidak memberi tahu saya banyak hal saat ini,” kata Slot kepada Sky Sports.

“Jika Anda melihat Wolves, mereka berada di bawah di klasemen tetapi mereka bermain jauh lebih baik dari itu hari ini. Setelah 19 pertandingan, itu akan memberi tahu saya sesuatu tetapi tidak setelah enam pertandingan.”

Konate mencetak gol pada injury time babak pertama setelah Diogo Jota mengalahkan pemain lawan di sisi kiri dan memberikan umpan silang yang ditanduk oleh bek tengah berusia 25 tahun itu.

Wolves memanfaatkan beberapa kesalahan dalam bertahan yang dilakukan oleh Konate, untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-56. Bek tengah asal Prancis itu terlihat membiarkan bola keluar untuk melakukan tendangan gawang, tapi Jorgen Strand Larsen berhasil menahannya, dan Rayan Ait-Nouri mencetak gol dari jarak dekat.

Namun Salah membungkam perayaan pendukung tuan rumah di Molineux lima menit kemudian ketika Liverpool mendapat hadiah penalti atas pelanggaran Nelson Semedo terhadap Jota. Salah mengirim kiper Sam Johnstone ke arah yang salah.

“Saya pikir tim seperti Liverpool harus berada di empat besar pasti; kami terus mendorong, kami terus mendorong, tetapi ini masih terlalu dini,” kata gelandang Liverpool Ryan Gravenberch kepada Sky Sports setelah penampilan impresif dari gelandang Belanda itu.

“Musim ini saya ingin menunjukkan diri saya lagi dan saya sangat senang. Dia (Slot) menempatkan saya di 11 pemain awal dan memberi saya kepercayaan diri besar.”

Dominik Szoboszlai sempat menyia-nyiakan peluang brilian untuk membuat Liverpool mencatatkan namanya di papan skor ketika ia meneruskan umpan silang dari Andy Robertson. Namun Johnstone menghentikan tembakan jarak dekat pemain asal Hungaria itu.

The Reds memiliki beberapa peluang lagi di menit-menit akhir termasuk tendangan sudut yang disundul Konate ke atas mistar gawang dan tendangan ke pojok bawah oleh Curtis Jones setelah melakukan operan satu-dua dengan Salah yang digagalkan oleh Johnstone.

Kemenangan Liverpool terjadi di tengah jadwal yang padat, dengan tim asuhan Slot menghancurkan West Ham United 5-1 dalam pertandingan putaran ketiga Piala Liga pada Kamis dini hari WIB. The Reds juga akan menjamu Bologna dalam pertandingan Liga Champions empat hari lagi.

Tim Wolves asuhan Gary O'Neil telah menjalani 18 pertandingan tanpa clean sheet, sejak kemenangan 1-0 Februari lalu di Sheffield United.

“Mereka berhadapan dengan salah satu klub terbesar di negara ini,” kata O'Neil. “Saya turut bersedih untuk para pemain dengan apa yang telah mereka berikan dalam enam pertandingan terakhir, mereka layak mendapatkan lebih banyak poin atas apa yang telah mereka berikan.”

Kapten Wolves, Mario Lemina, terlihat putus asa setelah peluit akhir pertandingan, menarik kaosnya untuk menutupi wajahnya sebelum beberapa rekan setimnya datang untuk menghiburnya.

Aston Villa dapat menyamakan poin dengan Liverpool di puncak klasemen pada Ahad dengan kemenangan di Ipswich Town, meskipun anak asuh Unai Emery tertinggal 10-3 dalam hal selisih gol.

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler