Proyek Rahasia Nimbus, Dukungan Google ke Israel, dan Perlawanan dari para Pekerja

Para pekerja melakukan perlawanan terhadap dugaan Proyek Nimbus Google dukung Israel.

EPA-EFE/HANNIBAL HANSCHKE
Google
Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, Hari masih pagi, dan Zelda Montes berjalan dengan cepat menembus udara New York yang sejuk saat mereka menuju ke kantor pusat Google di 9th Avenue, Manhattan.

Baca Juga


Montes, yang mengidentifikasi diri sebagai dirinya sendiri, meraba-raba kartu identitas di pintu masuk, berbaur dengan para karyawan Google yang melewati pemeriksaan keamanan seolah-olah ini hanyalah hari biasa di kantor.

Berbekal tas jinjing, Montes menyibak rambut  dan menuju ke kantin di lantai 13 untuk memesan makanan yang biasa dipesan, telur, alpukat, dan sandwich keju dengan semangkuk raspberry. Tangannya sedikit gemetar saat menggenggam cangkir kopi.

Sambil bertatapan dengan dua orang lain, mereka mendapat sinyal bahwa situasi sudah aman. Mereka menuju pintu masuk dan duduk.

Googler membentangkan spanduk dan mulai meneriakkan tuntutan agar Google melakukan satu hal: 'Hentikan Project Nimbus'.

Namun sertinya ini akan menjadi yang terakhir kalinya bagi Montes dan rekan-rekan yang menggelar aksi untuk duduk di dalam kantor Google di New York sebagai Googlers, sebutan yang diberikan oleh Google kepada para karyawannya.

“Dipecat terasa seperti sebuah kemungkinan tapi tidak pernah menjadi kenyataan,” ujar Montes, salah satu dari 50 karyawan yang dipecat oleh Google karena melakukan aksi mogok kerja selama 10 jam di salah satu kantor Google di Amerika Serikat pada April lalu, seperti dilansir dari laman Middle East Eye. 

Selama tiga tahun terakhir, Montes telah menjadi salah satu dari beberapa aktivis yang menyerukan agar Google membatalkan Project Nimbus, sebuah kerja sama Google dan Amazon dengan otoritas Israel yang dilaporkan bernilai 1,2 miliar dolar AS.

Baca lengkap artikel, https://www.middleeasteye.net/big-story/battle-inside-google-over-company-support-israel-military

Kemitraan yang berfokus pada komputasi awan ini menyediakan layanan untuk berbagai cabang pemerintahan Israel, termasuk kementerian pertahanan dan tentara.

Google, yang belum menanggapi pertanyaan yang dikirim oleh MEE sebelum artikel ini diterbitkan, telah menegaskan dalam pernyataan sebelumnya bahwa Nimbus tidak ditujukan untuk pekerjaan yang sangat sensitif, rahasia, atau militer yang berkaitan dengan senjata atau layanan intelijen.

Namun bekerja secara diam-diam, beberapa Googler - dulu dan sekarang dari seluruh dunia - telah secara aktif mencoba mengorganisir para pekerja untuk menekan perusahaan agar menghentikan Nimbus dan mengungkapkan sejauh mana keterlibatannya dengan tentara Israel.

Sejak Israel memulai perangnya di Gaza, menyusul serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan, yang telah menewaskan lebih dari 41 ribu orang warga Palestina, seruan untuk menghentikan Nimbus semakin meningkat.

Beberapa karyawan telah melakukan protes fisik dan virtual terhadap kesepakatan tersebut karena kekhawatiran bahwa Google memungkinkan Israel untuk menggunakan pekerjaan mereka, terutama yang melibatkan teknologi kecerdasan buatan, untuk aksi genosida yang sedang berlangsung.

Namun, beberapa karyawan mengatakan bahwa mereka telah mendapat tindakan keras dari Google. Perusahaan telah menyangkal klaim dari para aktivis bahwa teknologinya telah terlibat atau berperan dalam kampanye brutal Israel di Gaza dan pendudukan yang sedang berlangsung di Tepi Barat. yang dianggap ilegal oleh Mahkamah Internasional.

Kekhawatiran yang diabaikan oleh Google

Montes, seperti banyak rekan kerja lainnya di berbagai bagian perusahaan, memulai dari hal kecil dengan mengajukan pertanyaan dan kekhawatiran tentang apakah Israel menggunakan pekerjaan mereka untuk melancarkan perangnya di Gaza di dalam tim mereka.

 

Pada awalnya, Montes, misalnya, bergabung dengan rekan-rekannya yang lain dan menggunakan pertemuan town hall YouTube untuk mempertanyakan mengapa Google menerima uang dari Israel untuk menjalankan iklan propaganda, setelah serangan 7 Oktober, terhadap Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB (UNRWA), badan PBB yang memberikan bantuan bagi para pengungsi Palestina.

Di Google dan perusahaan induknya, Alphabet, town hall atau pertemuan semua karyawan diadakan di seluruh perusahaan dan biasanya dijalankan dalam format hybrid. Pertemuan ini memungkinkan partisipasi secara langsung dan virtual untuk mengakomodasi tenaga kerja global perusahaan.

Sesi ini disajikan sebagai kesempatan bagi karyawan untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada pimpinan, mendorong dialog terbuka tentang proyek, kebijakan, dan masalah utama.

Sebagai sebuah perusahaan, Google telah berupaya untuk membuat budaya keterbukaan yang mendorong karyawan dengan memungkinkan mereka untuk mengajukan pertanyaan dan berbagi minat di tempat kerja.

Namun, menurut para pengguna YouTube yang berbicara dengan MEE, Palestina tampaknya menjadi pengecualian bagi perusahaan tersebut.

Montes mengatakan bahwa kekhawatiran mereka terhadap YouTube yang menerima uang dari Israel untuk menjalankan “iklan propaganda” tidak digubris oleh pimpinan YouTube. Hal ini mendorong Montes dan yang lainnya untuk mencoba jalan lain.

“Orang-orang akan mengajukan pertanyaan selama pertemuan kami,” kenang Montes. “Setiap kali kami membahas Project Nimbus dalam obrolan internal atau selama rapat, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dimoderasi atau dihindari.”

Kekhawatiran serupa juga disampaikan oleh para Googler yang bekerja di divisi kecerdasan buatan perusahaan, yang juga dikenal dengan nama DeepMind, namun para staf mengatakan bahwa hal ini juga diabaikan oleh perusahaan.

Sepuluh hari setelah serangan 7 Oktober oleh Hamas ke Israel selatan, CEO Google Sundar Pichai mengatakan kepada para karyawannya melalui email bahwa perusahaan berencana untuk menyumbangkan 8 juta dolar AS untuk mendukung upaya-upaya bantuan di Israel dan Gaza.

Pichai juga menggunakan email-nya untuk mengutuk meningkatnya antisemitisme dan Islamofobia serta mengakui keprihatinannya atas meningkatnya jumlah korban jiwa dan krisis kemanusiaan di Gaza.

Googler lantas menggunakan forum internal dan utas surat untuk terhubung secara virtual dengan rekan kerja yang berpikiran sama di kantor perusahaan di seluruh dunia. Forum-forum ini, yang berbentuk milis dan papan pesan, sering kali dibagi berdasarkan kesamaan minat, identitas, atau tujuan.

“Forum-forum ini merupakan wadah untuk mengorganisir segala sesuatu di Google,” jelas Montes.

Montes dan rekan-rekan aktivis lainnya menggunakan jaringan ini untuk meningkatkan kesadaran dan mendiskusikan keterlibatan perusahaan dalam Nimbus.

Seperti Montes, Alex Cheung terlibat dalam No Tech for Apartheid dan secara teratur berpartisipasi dalam utas email internal seperti forum etika Google untuk meningkatkan kesadaran tentang proyek tersebut.

Kedua aktivis tersebut, dan juga para pengguna Google lainnya yang berbicara dengan MEE, mengatakan bahwa mereka mengalami penyensoran internal dari tim moderator Google yang mengawasi papan pesan.

“Setiap kali kata-kata genosida atau apartheid muncul, para moderator akan langsung menghapus komentar tersebut tanpa peringatan atau mengunci forum untuk mencegah orang terlibat lebih jauh,” jelas Cheung.

“Seolah-olah kami tidak pernah ada. Bayangkan budaya yang tercipta ketika Anda berbicara tentang suatu bentuk penindasan dan melihat atasan Anda menghapusnya secara real-time.”

Salah seorang Googler yang beragama Yahudi mengatakan kepada MEE bahwa kelompok Google Yahudi, yang juga dikenal sebagai “Jewglers”, akan didominasi oleh suara-suara pro-Israel yang akan mengorganisir untuk melawan orang-orang Yahudi yang akan mengungkit-ungkit tentang Nimbus dan kemungkinan kejahatan perang Israel.

Meskipun ada jaminan dari Pinchai bahwa perusahaan akan menangani masalah Islamofobia dengan serius, ketika para pengguna Google pro-Palestina menghadapi intimidasi dari rekan-rekannya yang pro-Israel, perusahaan, menurut mereka, akan mengabaikan kekhawatiran itu dan tidak mengambil tindakan apa pun.

“Ada budaya ketidakpedulian dari manajemen yang menutup mata terhadap pelecehan yang kami terima baik secara online maupun offline,” kata Hasan.

November lalu, puluhan Googler dari Palestina dan Muslim menandatangani sebuah surat terbuka yang menuduh Google 'menutup mata' setelah mereka mengatakan bahwa warga Palestina disebut 'binatang' dan dituduh mendukung terorisme di forum internal oleh sesama pengguna Google.

Surat tersebut menyebutkan sebuah contoh tentang seorang manajer di kantor perusahaan di Amerika Serikat yang mempertanyakan para pengguna Google Muslim atau Arab mengenai “apakah mereka mendukung Hamas?” atau di mana letak simpati mereka dalam mendukung Palestina.

Pemecatan

Situasi memuncak ketika bom Israel menewaskan seorang insinyur perangkat lunak Palestina, Mai Ubeid, dan seluruh keluarganya di Gaza pada akhir Oktober 2023.

Ubeid lulus dari kamp pelatihan coding yang didanai Google di Gaza bernama Sky Geeks dan kemudian magang di sebuah perusahaan yang merupakan bagian dari akselerator Google for Startups pada tahun 2020.

Para Googler mengadakan aksi di luar kantor mereka di New York, Seattle, dan London untuk Ubeid, yang merupakan penyandang disabilitas dan menggunakan kursi roda.

Aksi ini mendapat penolakan dari Google dan rekan-rekan mereka. Ward, yang bekerja di kantor London, mencatat sebuah kejadian di mana seorang karyawan pro-Israel 'melecehkan' para Googler yang membagi-bagikan selebaran tentang aksi untuk Ubeid.

Seperti para Googler lain yang berbicara dengan MEE, Ward mengatakan bahwa manajernya telah mendorongnya untuk berhenti berorganisasi untuk Nimbus dan berbicara menentang proyek tersebut.

Beberapa orang mendapat peringatan dari manajer mereka karena membagikan selebaran yang berkaitan dengan Ubeid dan diingatkan akan kebijakan perusahaan yang melarang penyebaran selebaran di properti perusahaan.

Mereka percaya bahwa Google menggunakan CCTV dan foto-foto yang diambil oleh rekan-rekan pro-Israel yang mengirimkannya ke bagian sumber daya manusia untuk mengidentifikasi mereka.

Beberapa orang menyampaikan kekhawatiran bahwa mereka “takut” untuk berbicara karena manajer senior mereka sebelumnya pernah bertugas di Unit 8200 tentara Israel, unit intelijen elit Israel yang berspesialisasi dalam spionase siber, pengawasan, dan pengumpulan intelijen.

Seperti banyak perusahaan teknologi lainnya, Google memiliki rekam jejak dalam mempekerjakan mantan anggota Unit 8200. Banyak di antaranya yang kemudian berkarir di sektor teknologi Israel yang berkembang pesat dan sangat dihormati karena keterampilan teknologi mereka.

Permusuhan di tempat kerja menjadi begitu parah sehingga para pekerja Google mulai bertemu di luar kantor untuk merencanakan langkah selanjutnya untuk mengorganisir - termasuk memberikan petisi secara langsung untuk menghindari reaksi dari Google.

Para pekerja, termasuk Montes, Cheung dan Hasan, memutuskan untuk melakukan aksi duduk di kantor-kantor perusahaan di New York City dan Sunnyvale, California. Para aktivis menduduki pintu masuk kantor perusahaan dan kantor kepala eksekutif Google Cloud, Thomas Kurian, selama 10 jam.

Perusahaan memanggil polisi dan memecat 28 pekerja saat itu juga dan 22 orang lainnya setelah penyelidikan yang melibatkan analisis rekaman CCTV.

Sehari setelahnya, Chris Rackow, kepala keamanan Google dan mantan anggota US Navy Seal, mengirimkan memo yang memperingatkan para karyawan untuk 'berpikir ulang' jika mereka berencana melakukan protes di kantor-kantornya.

Namun, terlepas dari pemecatan dan intimidasi selama berbulan-bulan, banyak pekerja Google yang masih bertahan bertekad untuk melanjutkan kampanye mereka melawan Nimbus.

Google tidak menanggapi pertanyaan mengapa mereka memecat para karyawan, tetapi mengatakan kepada Guardian pada saat itu.

“Kami melanjutkan penyelidikan kami terhadap gangguan fisik di dalam gedung kami pada tanggal 16 April, dengan melihat detail tambahan yang diberikan oleh rekan kerja yang mengalami gangguan fisik, serta karyawan yang membutuhkan waktu lebih lama untuk diidentifikasi karena identitas mereka sebagian disembunyikan - seperti dengan mengenakan topeng tanpa lencana - saat terlibat dalam gangguan tersebut."

"Investigasi kami terhadap peristiwa ini sekarang telah selesai, dan kami telah memberhentikan karyawan tambahan yang terbukti terlibat langsung dalam aktivitas yang mengganggu.”

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler