Tanpa Sejumlah Pemain Kunci, Brasil yang Terpuruk Menatap Kualifikasi Piala Dunia 2026

Brasil tanpa Alisson, Bremer, Eder Militao, Guilherme Arana, dan Vinicius Junior.

AP Photo/Bruna Prado
Pelatih Brasil Dorival Jr
Rep: Fitriyanto Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Brasil yang masih terpuruk bersiap menghadapi kualifikasi Piala Dunia yang krusial melawan Chile dan Peru tanpa sejumlah pemain kunci. Setelah kalah dalam empat dari lima laga kualifikasi terakhir mereka dengan serangkaian penampilan yang buruk, pemegang rekor lima kali juara Piala Dunia itu berada di urutan kelima klasemen dengan 10 poin.

Baca Juga


Brasil hanya unggul selisih gol dari Venezuela yang berada di urutan keenam. Hanya enam tim teratas yang dijamin mendapat tempat di putaran final Piala Dunia 2026.

Paraguay dan Bolivia tertinggal satu poin dan kegagalan Brasil lainnya dapat membuat mereka keluar dari tempat kualifikasi dan berisiko absen di Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

Pelatih Brasil Dorival Jr, yang ditunjuk pada bulan Januari setelah Selecao dipegang dua pelatih sementara, hanya memenangkan dua pertandingan kompetitif. Setelah penampilan di ajang Copa America yang kurang mengesankan, saat mereka tersingkir di perempat final oleh Uruguay, Brasil meraih kemenangan tipis di kandang sendiri atas Ekuador pada bulan lalu.

Namun, mereka kembali terpuruk beberapa hari kemudian dengan penampilan buruk lainnya, kalah 1-0 dari tim Paraguay yang hanya mencetak satu gol dalam tujuh kualifikasi sebelumnya.

Ketidakkonsistenan yang melanda Brasil sejak mereka memecat pelatih Tite menyusul kekalahan adu penalti dari Kroasia di perempat final Piala Dunia Qatar terus berlanjut. Selecao hanya memenangkan empat dari 14 pertandingan terakhir mereka.

Dorival terpaksa melakukan lima perubahan pada skuad awalnya untuk pertandingan melawan Chile di Santiago pada Jumat (11/10/2024) dan melawan Peru di Brasilia pada Rabu (16/10/2024), setelah kiper Alisson, bek Bremer, Eder Militao dan Guilherme Arana, dan penyerang Vinicius Jr semuanya mengalami cedera.

Pada Rabu (9/10/2024), sang pelatih membuat pengumuman mengejutkan bahwa penyerang Botafogo Igor Jesus akan menjadi starter di lini depan melawan Chile pada panggilan pertamanya ke tim nasional. Ia menyisihkan pemain remaja Real Madrid Endrick di bangku cadangan.

 

"Yang saya lihat adalah momen Igor sangat menarik, Endrick masih berusaha mengenal klub barunya, ia tiba di klub terbesar di dunia sepak bola dengan banyak persaingan," kata Dorival kepada wartawan.

Jesus telah menjadi talenta yang menonjol bagi pemimpin liga Brasil dan semifinalis Copa Libertadores sejak bergabung dengan Botafogo dari klub Emirat Shabab Al-Ahli pada bulan Juli. Pemain 23 tahun ini mencetak tujuh gol dalam 19 pertandingan.

"Saya pikir pengalaman Igor sendiri dan momen yang ia jalani sedikit berbeda," tambah Dorival. "Mungkin penting untuk memiliki pemain dengan profil ini untuk pertandingan sebesar ini dan pada saat ini.

"Terkadang kami tidak dapat meniru di lapangan semua yang kami lakukan dalam latihan, tetapi pada hari Selasa kami menjalani sesi latihan lain yang memenuhi kami dengan harapan besar. Mungkin inilah saatnya untuk menemukan keseimbangan yang kami inginkan."

Chile berada di urutan kesembilan dalam klasemen kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan dengan lima poin, unggul dua poin dari Peru yang berada di posisi terakhir.

Prediksi Starting XI Brasil yang akan menghadapi Chile: Ederson; Danilo, Marquinhos, Gabriel Magalhaes, Abner; Andre, Lucas Paqueta; Savinho, Raphinha, Rodrygo, Igor Jesus. 

sumber : Reuters
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler