Momen Menarik dari KTT ASEAN di Laos

KTT ASEAN ke-44 dan ke-45 digelar di Laos.

Muhammad Hafil / Republika
KTT ASEAN di Laos (ilustrasi)
Red: Muhammad Hafil

REPUBLIKA.CO.ID, VIENTIANE --Perhelatan KTT ke-44 dan ke-45 ASEAN di Vientiane, Laos, yang diselenggarakan pada 9-11 Oktober 2024 telah usai. Ada sejumlah momen yang menarik dari KTT ini.

1. Momen sholat berjamaah Wapres RI dan PM Malaysia

Wapres RI Maruf Amin dan PM Malaysia, pada hari pertama KTT, Rabu (9/10/2024), melaksanakan sholat berjamaah di sela pelaksanaan KTT ke-44 dan ke-45 ASEAN di National Convention Centre (NCC), Vientiane, Laos. Pelaksanaan sholat dilakukan di salah satu ruangan NCC yang disediakan sebagai mushala.

Kedua pemimpin delegasi di KTT ASEAN tersebut melaksanakan sholat jamak Zuhur dan Ashar. Anwar lebih dulu masuk ke mushola yang disusul oleh Wapres Maruf Amin

Saat Wapres Maruf masuk ke mushola, Anwar Ibrahim langsung mengumandangkan iqamah tanda sholat akan dimulai. Wapres Maruf lalu mengambil posisi untuk mengimami sholat jamak Zuhur dan Ashar yang dilakukan masing-masing dua rakaat yang dimulai sekitar pukul 14.00 waktu setempat.

Video Wapres RI Sholat Berjamaah dengan PM Malaysia:

Baca Juga


2. Kerahaman PM Timor Leste

PM Timor Leste Xanana Gusmao juga hadir dalam KTT ini. Meskipun Timor Leste belum menjadi anggota penuh ASEAN, tapi sudah banyak negara yang mendukung keanggotaan penuh Timor Leste menjadi bagian dari ASEAN.

Di KTT ini, PM Timor Leste terlihat beberapa kali untuk keluar venue KTT. Dia duduk santai sembari minum kopi bersama delegasinya di luar ruangan venue KTT yang diselenggarakan di National Convention Centre tersebut.

Saat sedang santai tersebut, banyak anggota delegasi dari negara lain yang meminta foto bersama Xanana. Dan, Xanan tak keberatan untuk berfoto bersama dengan staf dari delegasi negara lain.

Para pengawalnya pun mempersilahkan dengan ramah bila ada orang yang ingin berfoto bersama Xanana. Dan, terkadang Xanana pun melemparkan guyon atau candaan kepada orang-orang yang meminta foto bersama Xanana.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler