Diprediksi Jadi Menag yang Baru, Berikut Perjalanan Karier Prof Nasaruddin Umar

Nasaruddin adalah salah satu tokoh Islam kelahiran Bone, Sulawesi Selatan.

Republika/Prayogi
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan.
Rep: Muhyiddin Red: A.Syalaby Ichsan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA menjadi salah satu nama yang dipanggil ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta, pada Senin (14/10/2024). Nasaruddin akan menjadi salah satu anggota kabinet yang akan membantu Prabowo dalam pemerintahan yang akan datang.

Meski belum menyebut apa posisi kementerian yang akan dipimpinnya, Nasaruddin mengungkap syukur telah diberi amanah oleh Prabowo. Dia mengungkapkan, jabatan yang akan dipegang akan diumumkan oleh Prabowo. Meski demikian, kuat dugaan jika Nasaruddin akan menjadi menteri agama menggantikan Yaqut Cholil Qaumas. Lantas, siapakah sosok Nasaruddin Umar?

Nasaruddin Umar saat ini menjabat sebagai imam besar Istiqlal. Dilansir dari laman istiqlal, Nasrauddin adalah salah satu tokoh Islam Indonesia kelahiran Ujung-Bone, Sulawesi Selatan yang pernah menjabat sebagai wakil menteri agama RI dari tahun 2011 sampai 2014.

Banyak karya ilmiah tentang Islam yang telah diciptakan sebagai sumbangan yang tak ternilai untuk dunia Islam Indonesia dan beliau juga adalah penulis dari 12 buku diantaranya  Argumen Kesetaraan Jender Perspektif Al-Quran (Paramadina, 1999), yang menjabarkan hasil penelitian mengenai bias gender dalam Quran.

Nasaruddin juga merupakan pendiri organisasi lintas agama untuk Masyarakat Dialog antar Umat Beragama dan pernah menjabat sebagai Dirjen di Departemen Agama. Dia juga adalah anggota dari Tim Penasehat Inggris-Indonesia yang didirikan oleh mantan perdana menteri Inggris, Tony Blair. Banyak penghargaan yang telah diperoleh atas kerja dan karya yang dia ciptakan. 

Nama lengkap                 : Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, MA

Baca Juga


Tempat/Tanggal Lahir       : Ujung-Bone, 23 Juni 1959
Alamat                            : Jl. Ampera 1 No. 10 Ragunan, Pasar minggu


Pengalaman Pendidikan

  • SDN 6 tahun, di Ujung-Bone 1970
  • Madrasah Ibtida’iyah 6 tahun, di Pesantren As’adiyah Sengkang, 1971.
  • PGA 4 Thn, di pesantren As’adiyah Sengkang, 1974
  • PGA 6 Thn, di Pesantren As’adiyah Sengkang 1976
  • Sarjana Muda , Fakultas Syari’ah IAIN Alauddin Ujung Pandang, 1980
  • Sarjana Lengkap (Sarjana Teladan) Fakultas Syari’ah IAIN Alauddin Ujung Pandang, 1984
  • Program S2 (tanpa tesis) IAIN syarif Hidayatullah Jakarta, 1990-1992.
  • Program S3 (alumni Terbaik) IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dengan disertasi tentang” Perspektif Jender Dalam al-qur’an, 1993-1998.
  • Visiting Student di Mc Gill University canada, 1993-1994
  • Visiting Student di Leiden University Belanda, 1994/1995
  • Mengikuti Sandwich program di Paris University Perancis, 1995
  • Pernah melakukan penelitian kepustakaan di beberapa perguruan tinggi di Kanada, Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Belanda, Belgia, Italia, Ankara, Istanbul, Srilanka, Korea Selatan, saudi Arabia, Mesir, Abu Dhabi, Yordania, Palestina, dan Singapore, Kualalumpur, Manila.
  • Pengukuhan Guru Besar dalam bidang Tafsir pada Fakultas Ushuluddin IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 12 Januari 2002.
Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus mencium tangan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar berbincang saat menghadiri acara dialog lintas agama di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (5/9/2024). Dalam lawatannya ke Indonesia, Paus Fransiskus menghadiri kegiatan dialog bersama pemuka lintas agama di Masjid Istiqlal serta menandatangani prasasti sekaligus meninjau terowongan silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral. - (Republika/Thoudy Badai)

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler