Pramono Anung Temui Prabowo di Tengah Pemanggilan Calon Menteri, PDIP: Bawa Pesan Megawati

Kehadiran Pramono Anung dinilai sudah diketahui oleh Megawati.

Antara/Siti Nurhaliza
Pramono Anung.
Rep: Bambang Noroyono Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PDI Perjuangan mengetahui, dan mengizinkan Pramono Anung bertemu dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto, Selasa (15/10/2024).

Baca Juga


Juru Bicara PDI Perjuangan Cyril Raoul Hakim mengatakan, kedatangan Pramono saat Prabowo memanggil para calon menteri, dan calon wakil menteri pemerintahan mendatang atas sepengetahuan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri.

Bahkan dikatakan Chico, pertemuan Pramono dengan Prabowo di rumah Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel) itu sekaligus membawa pesan khusus.

“Kita masih menunggu statement dari Mas Pram (Pramono). Tetap sepertinya, memang beliau (Pramono) datang membawa pesan dari Ibu (Megawati Sukarnoputri),” kata Chico melalui pesan singkat, Selasa (15/10/2024).

Prabowo, pada Selasa (15/10/2024) melanjutkan proses penunjukkan para calon menteri, dan calon wakil menterinya untuk kabinet dalam pemerintahan mendatang.

Setelah Senin (14/10/2024), sebanyak 49 nama-nama calon menteri menghadap, Prabowo pada hari ini turut memanggil nama-nama yang akan dia dudukkan sebagai wakil-wakil menteri, dan kepala-kepala lembaga di pemerintahannya mendatang. Pramono Anung, datang pada Selasa (15/10/2024) siang.

Lebih dari satu jam Pramono berada di dalam rumah Kertanegara IV menemui Prabowo. Akan tetapi, setelah keluar rumah tersebut, Pramono enggan memberikan pernyataan kepada media. Pramono adalah salah-satu politikus PDI Perjuangan, dan salah-satu kader kepercayaan Megawati Sukarnoputri.

Dalam Pilpres 2024 lalu, PDI Perjuangan merupakan partai-politik (parpol) rival dari pencapresan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Dalam pilpres lalu, PDI Perjuangan mengusung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Akan tetapi, setelah memastikan kemenenangannya dalam pilpres lalu, Prabowo berusaha untuk menggandeng PDI Perjuangan bergabung dalam pemerintahannya mendatang. Beberapa kali wacana Prabowo dan Megawati untuk bertemu dan membicarakan untuk berkoalisi.

Beberapa elite PDI Perjuangan, dan juga Partai Gerindra yang merupakan parpol utama pendukung Prabowo, merencanakan untuk menemui Megawati Sukarnoputri sebelum pelantikan presiden 20 Oktober 2024 mendatang.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler