Pidato Menggemparkan Yahya Sinwar: Saya Lebih Baik Mati Syahid, daripada Kematian Sia-Sia

Sinwar menyatakan hadiah terbesar bagi ia adalah ketika Israel berhasil membunuhnya

AP Photo/Hatem Moussa
Pemimpin Hamas Yahya Sinwar berbicara dalam rapat umum di Khan Younis, Jalur Gaza selatan, pada 21 Oktober 2011.
Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, Israel mengeklaim telah berhasil membunuh pemimpin Hamas Yahya Sinwar dalam sebuah operas di Gaza selatan. Militer Zionis bahkan merekam detik-detik sebelum Sinwar terbunuh.

Baca Juga


Belum ada konfirmasi dari Hamas terkait pembunuhan Yahya Sinwar. Namun kelompok pejuang Palestina itu diyakini akan memilih pemimpin baru jika benar Sinwar terbunuh.

Dalam sebuah video yang dirilis pada Mei 2021, Sinwar menyatakan bahwa hadiah terbesar yang bisa diberikan oleh musuh dan pendudukan kepadanya adalah membunuhnya.

Sinwar mengaku lebih baik mati sebagai 'martir' di tangan pasukan Israel daripada 'mati sia-sia kematian'.

Pemerintah dan militer Israel mengkonfirmasi pada Kamis bahwa Sinwar terbunuh di Gaza dalam baku tembak di Rafah.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) merilis rekaman drone yang diklaim sebagai pemimpin Hamas, Yahya Sinwar, di saat-saat terakhirnya sebelum dia terbunuh.

Dalam rekaman drone tersebut, pria yang disebut sebagai Sinwar itu terlihat duduk di kursi di ruang tamu yang sebagian besar telah hancur.

Pemimpin Hamas tampak terluka karena dia tidak bergerak dalam rekaman mentah tersebut. Namun Sinwar sempat melemparkan proyektil ke arah drone Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah memberikan pidato dalam bahasa Inggris untuk mengomentari klaim pembunuhan Sinwar.

“Ini bukanlah akhir dari perang di Gaza. Ini adalah awal dari akhir,” kata Netanyahu.

“Perang ini bisa berakhir besok. Ini bisa berakhir jika Hamas meletakkan senjatanya dan mengembalikan para sandera,” katanya, langsung berbicara kepada masyarakat Gaza.

Israel akan menjamin keselamatan semua orang yang mengembalikan para tawanan tersebut, namun bagi mereka yang mempersenjatai mereka, “Israel akan memburu Anda dan membawa Anda ke pengadilan”, kata perdana menteri.

Ia juga menyampaikan pesannya kepada wilayah yang lebih luas dengan mengatakan bahwa poros perlawanan Iran “runtuh di depan mata kita”.

Para pejabat Israel, termasuk Netanyahu, telah mengirimkan sinyal kuat sejak tersiar kabar pembunuhan Sinwar yang menyatakan bahwa negara tersebut akan terus melancarkan perang terhadap Gaza.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler