Liverpool Gebuk Chelsea, Kemenangan Menit Akhir City, dan Klasemen Liga Inggris

Meski kalah dari Bournemouth, Arsenal tetap di peringkat ketiga klasemen Liga Inggris

AP Photo/Kin Cheung
Ekspresi kekecewaan para pemain Arsenal saat takluk 0-2 di kandang Bournemouth dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Ahad (20/10/2024) dini hari WIB.
Rep: Fitriyanto Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Arne Slot melanjutkan awal karier yang luar biasa sebagai manajer Liverpool dengan timnya meraih kemenangan 2-1 atas Chelsea pada hari Ahad (20/10/2024) malam atau Senin (21/10/2024) dini hari WIB. Ini kemenangan ke-10 mereka dalam 11 pertandingan pembuka di semua kompetisi, dan pelatih asal Belanda itu memuji pertahanannya.

"Kami bertahan dengan sangat kuat melalui seluruh tim. Ada etos kerja yang luar biasa," kata Slot dikutip Reuters.

Anak buahnya hanya kebobolan tiga gol di liga sepanjang musim dan tetap berada di puncak klasemen dengan 21 poin setelah delapan pertandingan, unggul satu poin dari juara bertahan Manchester City. Mantan bek Inggris yang kini menjadi pakar Micah Richards mengatakan Slot telah membawa "sedikit ketenangan".

"Secara defensif Liverpool tampak lebih solid. Di bawah asuhan Juergen Klopp, sungguh menakjubkan untuk ditonton, tetapi sebagai bek, Anda bisa terekspos," kata Richards di Sky Sports.

"Mementum para bek mundur dan maju jauh lebih seimbang," ujarnya menambahkan.

Chelsea, yang berada di posisi keenam dengan 14 poin, menjadi yang tim papan atas pertama yang dikalahakan the Reds pada musim ini. Slot senang dapat memperlebar jarak menjadi tujuh poin antara Liverpool dan klub London Barat tersebut.

"Semakin baik tim yang Anda hadapi, semakin Anda membutuhkannya (perjuangan)," katanya.

"Di Liga Primer terdapat begitu banyak tim yang bagus, jadi jika Anda ingin menang, setidaknya Anda perlu berjuang dan kemudian mudah-mudahan para pemain dapat membuat perbedaan."

Manajer Chelsea Enzo Maresca senang dengan cara timnya bermain meski kalah. Menurutnya, Chelsea mengendalikan sebagian besar permainan, memiliki peluang, dan menguasai bola selama laga.

"Saya tidak berpikir pertandingan ini menentukan di mana posisi kami. Kami mempersiapkan diri dengan cara terbaik, itu berjalan cukup baik. Anda harus mengambil risiko, tetapi secara keseluruhan saya sangat senang dengan para pemain."

In Picture: Gol Tunggal Jean Befolo Mbarga Bawa Bali United Tundukkan Persita

 

Pada laga lain, kemenangan Manchester City atas Wolverhampton Wanderers  diraih pada menit-menit akhir ditentukan lewat Video Assistant Referee (VAR). Gol menit akhir dicetak John Stones yang menyundul tendangan sudut pada menit ke-95 melewati kiper Wolves Jose Sa.

Wasit Chris Kavanagh awalnya menganulir gol tersebut karena gelandang City Bernardo Silva hampir menyentuh kiper Sa, tetapi VAR menganggap ia tidak menghalangi garis pandang dan Kavanagh membatalkan keputusannya.

"Bernardo tidak mengganggu posisi ... Sa memiliki visi yang sempurna. Umpan dari Phil (Foden) dan sundulannya luar biasa," kata pelatih City, Josep Guardiola.

City menguasai bola hingga 78 persen saat laga melawan Wolves yang berjuang mati-matian di dasar klasemen dan sangat ingin bertahan setelah unggul lebih dulu. Guardiola pun mengakui sulitnya melawan tim yang menempatkan sebagian besar pemainnya di lini pertahanan.

"Namun, kami sabar.. Kami adalah diri kami sendiri dan itu sangat menyenangkan," kata Guardiola.

Penentu kemenangan, John Stones, yang juga mencetak gol penyeimbang di menit-menit terakhir melawan Arsenal bulan lalu, sangat senang dengan gol sundulannya dari tendangan sudut, dan mengatakan bahwa tim telah bekerja keras dalam situasi bola mati.

"Semoga ini menjadi awal dari banyak hal lainnya. Ini adalah bagian penting dari permainan di kedua ujung lapangan dan sangat menyenangkan bagi saya pribadi untuk mendapatkan gol kemenangan setelah pertandingan yang sulit," katanya.

"Saya pikir (gol) itu telah dianulir. Saya mencoba berbicara dengan wasit tetapi ada banyak orang di sekitarnya. Bagi saya, itu adalah keputusan yang tepat. Jelas saya akan bias tetapi saya pikir itu harus dianulir."

Liverpool mempertahankan posisi pertama klasemen sementara Liga Inggris setelah mengalahkan Chelsea dengan skor 2-1. Setelah sempat disalip oleh Manchester City, Liverpool kembali ke peringkat pertama dengan total torehan 21 poin dari delapan laga, sedangkan Chelsea turun ke posisi enam dengan 14 poin.

Selanjutnya pada peringkat ketiga masih diisi oleh Arsenal meski The Gunners takluk di tangan Bournemouth dengan skor 0-2 di Stadion Vitality, Bournemouth, Sabtu malam. Bermain dengan 10 orang sejak menit ke-30 karena William Saliba diganjar kartu merah oleh wasit, Arsenal takluk akibat dua gol Bournemouth yang dicetak oleh Ryan Christie dan Justin Kluivert.

Peringkat keempat ditempati oleh Aston Villa dengan 17 poin yang mampu mengalahkan Fulham 3-1. Lalu posisi kelima dihuni oleh Brighton dengan 15 poin setelah mengamankan tipis atas Newcastle.

Sementara itu, Manchester United yang berhasul kembali ke jalur kemenangan dengan mengalahkan Brentford 2-1 di Stadion Old Trafford, Manchester, pada Sabtu malam, masih berada di luar 10 besar, tepatnya posisi ke-11 dengan torehan 11 poin.

Berikut hasil Liga Inggris pekan ke-8:

Tottenham 4 - 1 West Ham

Manchester United 2 - 1 Brentford

Fulham 1 - 3 Aston Villa

Newcastle 0 - 1 Brighton

Southampton 2 - 3 Leicester City

Ipswich Town 0 - 2 Everton

Bournemouth 2 - 0 Arsenal

Wolves 2 - 1 Manchester City

Liverpool 2 - 1 Chelsea

Jadwal lanjutan pertandingan Liga Inggris pekan ke-8:

(22/10/2024) Nottingham Forest vs Crystal Palace 02.00 WIB

 

Klasemen sementara Liga Inggris, Senin (21/10):

No Tim Main SG Poin

Baca Juga


1 Liverpool 8 12 21
2 Manchester City 8 10 20
3 Arsenal 8 7 17
4 Aston Villa 8 5 17
5 Brighton 8 4 15
6 Chelsea 8 7 14
7 Tottenham 8 9 13
8 Newcastle 8 0 12
9 Fulham 8 0 11
10 Bournemouth 8 0 11
11 Manchester United 8 -2 11
12 Nottingham Forest 7 1 10
13 Brentford 8 -1 10
14 Leicester City 8 -2 9
15 West Ham 8 -4 8
16 Everton 8 -6 8
17 Ipswich Town 8 -10 4
18 Crystal Palace 7 -5 3
19 Southampton 8 -12 1
20 Wolves 8 -13 1

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler