Kegilaan Israel di Utara Gaza, Eksekusi Massal dan Bakar RS Indonesia

Serangan Israel di utara Gaza membunuh 600 orang dalam 17 hari.

AP Photo/Abdel Kareem Hana
Warga Palestina berduka saat membawa jenazah kerabatnya yang tewas dalam pemboman Israel di Jalur Gaza di sebuah rumah sakit di Deir el-Balah, Ahad, 20 Oktober 2024.
Red: Fitriyan Zamzami

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Pengepungan dan pengeboman yang dilakukan pasukan penjajahan Israel di utara Gaza makin brutal. Para pengungsi dilaporkan dieksekusi langsung sementara Rumah Sakit Indonesia dilaporkan sempat dibakar dalam aksi pembersihan etnis yang sudah berjalan 17 hari tersebut.

Baca Juga


Di Jabalia, sumber Aljazirah melaporkan  mengatakan drone quadcopter Israel yang dilengkapi dengan pengeras suara memerintahkan keluarga-keluarga yang terjebak di dalam sebuah tempat penampungan di Jabalia untuk melarikan diri. Begitu orang-orang berkumpul di gerbang depan, tembakan artileri Israel menghantam kerumunan tersebut, menewaskan sedikitnya tujuh warga Palestina.

Serangan itu menyebarkan ketakutan yang besar dan orang-orang kembali ke pusat evakuasi UNRWA. Tentara terus melancarkan serangannya ke Jabalia. Kekuatan mematikan digunakan untuk memaksa keluarga meninggalkan kamp pengungsi. Direktur Rumah Sakit Kamal Adwan mengatakan kepada Aljazirah bahwa staf mereka tidak mampu mengatasi banyaknya korban yang dibawa ke fasilitas yang kewalahan.

Sedangkan petugas medis di Rumah Sakit Indonesia mengatakan kepada Reuters bahwa pasukan Israel menyerbu sebuah sekolah dan menahan para pria tersebut sebelum membakar fasilitas tersebut. Mereka mengatakan api mencapai generator rumah sakit dan menyebabkan pemadaman listrik.

“Tentara membakar sekolah-sekolah di dekat rumah sakit, dan tidak ada seorangpun yang boleh masuk atau keluar rumah sakit,” kata seorang perawat di rumah sakit tersebut.

Hadeel Obaid, supervisor keperawatan di rumah sakit Indonesia, mengatakan persediaan medis, termasuk kain kasa steril dan obat-obatan, semakin menipis. Persediaan air terputus dan tidak ada makanan selama hari keempat, katanya kepada Reuters. Dua pasien dilaporkan syahid akibat tindakan tersebut.

Pasukan pendudukan Israel sejauh ini terus mengepung rumah sakit dan kamp pengungsi di Jalur Gaza utara di tengah penembakan hebat. Sementara Pertahanan Sipil menuduh pendudukan menerapkan kebijakan kelaparan, PBB menegaskan bahwa Israel tidak mengizinkan bantuan kemanusiaan memasuki wilayah tersebut.

Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza, Munir Al-Barsh, mengatakan bahwa pendudukan mengepung rumah sakit dan situasinya sangat buruk, terutama mengingat terjadinya kelaparan. Ia menambahkan, jumlah syuhada di Kegubernuran Gaza Utara mencapai 600 syuhada dalam 17 hari.

PBB mengatakan serangan baru-baru ini terhadap rumah sakit di Gaza utara memperburuk krisis kemanusiaan dan menempatkan ribuan nyawa dalam risiko besar, dan menekankan bahwa akses terhadap perawatan dan pasokan medis harus diprioritaskan untuk mencegah hilangnya nyawa lebih lanjut di Gaza.

Direktur Rumah Sakit Kamal Adwan di Gaza mengatakan kepada Aljazirah Arabia  bahwa situasi di rumah sakit di Jalur Gaza sangat buruk, dan menyerukan lembaga-lembaga internasional untuk menekan pendudukan agar mendatangkan unit darah.

Dalam konteks ini, Rumah Sakit Baptis – satu-satunya yang beroperasi di Kota Gaza – menghadapi kesulitan besar dalam memberikan perawatan kepada korban luka, karena jumlah mereka yang banyak, sebagai akibat dari pemboman Israel yang terus menerus terhadap Kota Gaza dan bagian utaranya.

Rumah sakit ini menderita kekurangan staf medis khusus, kekurangan pasokan medis dan obat-obatan, dan kekurangan bahan bakar yang parah, sehingga rentan untuk tidak dapat digunakan kapan saja. PBB mengatakan pihaknya tidak dapat menjangkau tiga rumah sakit di Gaza utara.

Israel membuat utara Gaza jadi neraka...

Adnan Abu Hasna, penasihat media pada Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), menggambarkan situasi di Jalur Gaza utara – khususnya kamp Jabalia – sebagai neraka yang belum pernah ia saksikan sebelumnya, dan menekankan bahwa tentara Israel membunuh warga sipil yang mencoba untuk pergi. tempat penampungan. Abu Hasna menambahkan bahwa lebih dari 100.000 warga sipil Palestina di wilayah tersebut tidak memiliki makanan, air atau obat-obatan.

Sementara itu, Komisaris Jenderal UNRWA Philippe Lazzarini mengatakan ada laporan kematian di antara mereka yang melarikan diri dari Jalur Gaza utara, jenazah mereka ditinggalkan di jalan-jalan, dan tim penyelamat tidak dapat menjangkau mereka.

Komisaris Jenderal UNRWA menekankan bahwa lembaga-lembaga kemanusiaan, termasuk UNRWA, harus memiliki akses ke Gaza utara. Dia menggambarkan penolakan untuk mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke negaranya, dan penggunaannya sebagai senjata untuk mencapai tujuan militer, sebagai indikasi hilangnya pedoman moral.

Pejabat PBB tersebut menekankan bahwa setiap menit sangat berarti, dan penundaan persetujuan untuk memasuki Gaza utara menghalangi tim penyelamat untuk memberikan bantuan kepada korban cedera pada waktu yang tepat, dan membatasi pekerjaan mereka dalam mengambil jenazah.

Dia menambahkan bahwa pemerintah Israel harus mengizinkan PBB untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan pasokan medis di Jalur Gaza utara. CNN mengutip wakil direktur urusan UNRWA di Gaza yang mengatakan bahwa serangan tentara Israel selama lima hari terakhir telah menargetkan setidaknya tiga fasilitas yang dikelola oleh badan tersebut di Jalur Gaza utara.

Pejabat PBB tersebut menambahkan bahwa serangan tersebut telah menyebabkan banyak korban jiwa, dan menjelaskan bahwa situasi di Gaza utara melebihi apa yang pernah mereka lihat sejak awal perang.

Warga Palestina berduka atas kerabatnya yang tewas dalam pemboman Israel di Jalur Gaza di sebuah rumah sakit di Deir el-Balah, Ahad, 20 Oktober 2024. - ( AP Photo/Abdel Kareem Hana)

Ia menyatakan keyakinannya bahwa 100.000 penduduk Jabalia berada di bawah pengepungan, dan bahwa badan tersebut belum dapat memberikan pasokan apapun kepada mereka, dan tidak ada bantuan yang sampai kepada mereka selama tiga pekan.

Sementara itu, paramedis Nevin Al-Dawasah, yang menyaksikan pemboman tentara Israel terhadap tempat perlindungan UNRWA di kamp Jabalia, mengatakan bahwa tentara Israel tidak memberikan cukup waktu kepada para pengungsi untuk pergi sebelum mengebom mereka. Pengeboman itu yang menyebabkan 10 orang syahid dan melukai lebih dari 30 orang lainnya, kebanyakan dari mereka adalah anak-anak.

Foto-foto Aljazirah menunjukkan warga mengeluarkan jenazah para syuhada dari jalanan kamp Jabalia al-Balad akibat penembakan Israel pagi ini. Koresponden Aljazirah mengatakan bahwa pasukan pendudukan Israel menargetkan warga, termasuk anak-anak, ketika mereka mencoba mendapatkan air.

Kelaparan...

 

Juru bicara Pertahanan Sipil di Gaza, Mahmoud Basal, mengatakan bahwa tentara Israel mempraktikkan kebijakan kelaparan, kelelahan, dan penganiayaan terhadap warga Palestina di Jabalia, serta menggunakan kekuatan berlebihan untuk mengosongkan wilayah tersebut. penduduknya dan memaksa mereka mengungsi ke Kota Gaza.

Basal menambahkan, "Tentara Israel membuat warga kelaparan melalui pengepungan yang menyesakkan di daerah tersebut, kemudian melakukan operasi pengeboman dan serangan darat. Itu berarti siapa pun yang tidak mati akibat pemboman tersebut akan mati kelaparan."

Ia mencontohkan, beberapa keluarga yang berhasil dihubungi oleh tim Pertahanan Sipil mengatakan bahwa mereka belum makan selama lima  hari. Dia menunjukkan bahwa setelah tentara Israel mengebom daerah pemukiman, kini mereka mengebom tempat penampungan dan pertemuan warga untuk memaksa mereka pergi dan pindah ke Kota Gaza.

Ia menambahkan bahwa penjajah tidak berhenti pada memaksa warga untuk mengungsi, melainkan melakukan pemboman, pembunuhan, penyiksaan dan penghinaan terhadap warga, untuk menyebabkan sebagian besar dari mereka menjadi martir atau terluka.

Kelaparan Esktrem di Gaza - (Republika)

Pada 5 Oktober, tentara Israel memulai operasi pemboman yang belum pernah terjadi sebelumnya di kamp dan kota Jabalia serta wilayah luas di Jalur Gaza utara, sebelum mengumumkan dimulainya invasi ke wilayah tersebut keesokan harinya, dengan dalih mencegah Hamas berusaha mendapatkan kembali kekuatannya di wilayah tersebut, sementara Palestina mengatakan bahwa Israel ingin menduduki wilayah tersebut dan menggusur penduduknya.

Dengan dukungan luas Amerika, perang genosida Israel yang sedang berlangsung di Gaza sejak 7 Oktober 2023 telah menyebabkan lebih dari 142.000 orang Palestina menjadi martir dan terluka, serta lebih dari 10.000 orang hilang, di tengah kehancuran besar-besaran dan kelaparan yang telah menewaskan puluhan anak-anak dan orang lanjut usia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler