Kelompok PKK Disebut Dalangi Serangan Teror ke Turki, Siapa Penyandang Dananya?

Pendanaan PKK berasal dari berbagai sumber.

Muhammed Abdullah Kurtar/Anadolu Agency
Asap membumbung tinggi usai ledakan akibat serangan teroris di fasilitas Turkish Aerospace Industries (TAI), Ankara.
Red: A.Syalaby Ichsan

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Kantor pusat Turkish Aerospace Industries (TAI) di ibu kota Ankara, mendapat serangan teror pada Rabu (23/10/2024). Laporan-laporan yang dilansir TRT menyebutkan bahwa terjadi ledakan keras  dan baku tembak dalam serangan tersebut.  

Baca Juga


“Sayangnya, jumlah korban tewas mencapai 5 orang, dengan total 22 orang terluka,” kata Menteri Dalam Negeri Ali Yerlikaya kepada para wartawan, Rabu.

Layanan darurat dikirim ke lokasi kejadian. Gambar-gambar televisi menunjukkan sebuah gerbang yang rusak dan bentrokan yang terjadi di tempat parkir di dekatnya.

Yerlikaya tidak mengatakan organisasi apa yang berada di balik serangan tersebut, karena proses identifikasi para penyerang masih berlanjut. Meski demikian, Menteri Pertahanan Yasar Guler menuding organisasi teroris PKK.“Kami selalu memberikan hukuman yang setimpal kepada para bajingan PKK ini. Tapi mereka tidak pernah sadar,” kata Guler.“Kami akan mengejar mereka sampai teroris terakhir dihabisi.”

Kepala Kantor Jaksa Penuntut Umum Ankara meluncurkan penyelidikan atas serangan teroris yang menargetkan fasilitas tersebut. TAI adalah salah satu perusahaan pertahanan dan penerbangan terpenting di Turki. Perusahaan ini memproduksi KAAN, pesawat tempur nasional pertama di Turki, di antara produk-produk canggih lainnya.

Kecaman global

 

Presiden Rusia adalah pemimpin pertama yang mengutuk serangan tersebut dan menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Turki Erdogan yang sedang berada di Kazan untuk menghadiri KTT BRICS.Sekretaris Jenderal NATO Mark Rutte dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres juga mengutuk serangan tersebut.

“Kami mengutuk keras terorisme dalam segala bentuknya dan memantau perkembangannya dengan seksama,” kata Rutte di X.

Guterres menyampaikan belasungkawa kepada Turki.“Kami menunggu informasi tetapi mengutuk serangan terhadap warga sipil ini. Kami menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga korban dan berharap untuk pemulihan penuh bagi mereka yang terluka,” kata wakil juru bicara PBB, Farhan Haq, atas nama Guterres.

Pakistan “dengan tegas” mengutuk serangan teroris tersebut.Menyampaikan belasungkawa “terdalam” atas jatuhnya korban jiwa, Presiden Asif Zardari menyatakan solidaritasnya dengan pemerintah dan rakyat Turki.

“Pakistan berdiri dalam solidaritas penuh dengan saudara-saudara Turki di masa yang sulit ini. Kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga mereka yang telah kehilangan nyawa mereka dalam serangan pengecut ini, dan kami berdoa untuk pemulihan yang cepat bagi mereka yang terluka,” kata Zardari.

Aljazair dan Yordania juga termasuk di antara negara-negara yang mengutuk serangan tersebut.

AS mengutuk keras serangan teror. Pemerintahan Joe Biden mengutuk keras serangan teroris  terhadap kantor pusat Turkish Aerospace Industries (TAI) di Ankara. Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby, menyampaikan duka cita Washington kepada “para korban serangan teror yang mengerikan di Ankara, Turki.”

“Pagi ini, doa kami bersama mereka yang terkena dampak dan keluarga mereka, dan tentu saja, juga rakyat Turki pada saat yang sangat sulit ini,” katanya kepada para wartawan dalam sebuah konferensi pers.

“Pihak berwenang Turki, seperti yang mereka katakan, sedang menyelidiki hal ini sebagai kemungkinan serangan teroris, dan meskipun kami belum mengetahui motif atau siapa yang berada di belakangnya, kami sangat mengutuk tindakan kekerasan ini,” tambahnya.

 

 

Dilansir dari Kementerian Luar Negeri Turki, PKK terdaftar sebagai organisasi teroris secara internasional oleh banyak negara, termasuk anggota Uni Eropa dan negara lainnya seperti Amerika Serikat, Kanada dan Australia. Uni Eropa juga menetapkan PKK sebagai entitas teroris pada tahun 2004.

Sejak didirikan pada tahun 1984, lebih dari 40 ribu orang kehilangan nyawa mereka karena terorisme PKK. Ideologi PKK didasarkan pada Marxisme-Leninisme revolusioner dan etno-nasionalisme separatis. PKK ingin menekan keberagaman di Turki, mencegah partisipasi dan integrasi warga negara Turki yang berasal dari suku Kurdi, dan mengintimidasi masyarakat di wilayah tersebut.

Target utama PKK termasuk polisi, militer, aset ekonomi dan sosial di Türkiye. PKK juga melakukan serangan terhadap warga sipil dan fasilitas diplomatik dan konsuler. PKK terlibat dalam pemerasan, penyelundupan senjata, dan perdagangan narkoba.

Industri pariwisata, infrastruktur ekonomi, institusi pendidikan, guru, rumah sakit, perusahaan publik dan swasta terutama di bagian tenggara Turki telah menjadi target utama teroris PKK. PKK menggunakan berbagai macam metode untuk melakukan aksi teror mulai dari menyerang infrastruktur, berbagai fasilitas, sekolah dan ambulans, menculik perawat, petugas bea cukai hingga menggunakan sianida untuk meracuni persediaan air minum; dan terlibat dalam taktik yang tidak biasa, pembunuhan hingga penembakan di tempat, mengeksekusi warga sipil yang tidak kooperatif, penyergapan, penculikan, dan lain-lain.

Hingga 1998, PKK menemukan tempat yang aman di Suriah. Kemudian pemimpinnya, Abdullah Öcalan, harus melarikan diri dari negara itu hanya untuk ditangkap beberapa bulan kemudian. Dia sekarang menjalani hukuman seumur hidup di sebuah penjara di Turki.

Menyusul kekosongan kekuasaan di bagian utara Irak setelah Perang Teluk, PKK mendirikan kamp-kamp di berbagai titik di sekitar Gunung Qandil di mana mereka menerima pelatihan dan menyusup ke Türkiye untuk melakukan serangan.

Pendanaan PKK berasal dari berbagai sumber. Di sejumlah negara Eropa, terdapat investigasi dan pengadilan yang sedang berlangsung terkait pendanaan terorisme PKK. Di sebuah negara besar di Eropa, jumlah berkas pengadilan yang berkaitan dengan kegiatan ilegal PKK melebihi lima ribu.

PKK juga terlibat dalam kejahatan terorganisir, penyelundupan manusia ilegal dan perdagangan narkoba.

 

Pada tanggal 14 Oktober 2009, Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri (OFAC) Departemen Keuangan AS menargetkan kepemimpinan senior PKK, menunjuk Murat Karayılan, kepala PKK, dan anggota tingkat tinggi Ali Riza Altun dan Zübeyir Aydar sebagai penyelundup narkotika asing yang signifikan.

Pada tanggal 20 April 2011, Departemen Keuangan AS mengumumkan penunjukan pendiri PKK, Cemil Bayık dan Duran Kalkan serta anggota tingkat tinggi lainnya sebagai Pedagang Narkotika yang Ditunjuk Secara Khusus (Specially Designated Narcotics Traffickers/SDNT) sesuai dengan Undang-Undang Penunjukan Gembong Narkotika Asing.

Anak perusahaan dan cabang PKK mengeksploitasi hak-hak dan kebebasan demokratis di Eropa. Di beberapa negara tertentu, terdapat investigasi besar yang sedang berlangsung terhadap pendanaan PKK dan tindakan melanggar hukum lainnya yang dilakukan oleh entitas dan individu yang berafiliasi dengan PKK.

Di beberapa negara lainnya, terdapat kasus-kasus pengadilan yang sedang berlangsung terkait dengan kegiatan PKK. Seperti yang dinyatakan dalam laporan TESAT, selain pengumpulan uang dari orang pribadi dan perusahaan, ada beberapa kasus dimana pendapatan juga diperoleh dari organisasi kriminal. PKK juga melanjutkan kegiatan perekrutan sistematis terhadap anak-anak muda yang tinggal di negara-negara Eropa dan melatih mereka di berbagai kamp. Mereka juga memalsukan dokumen identitas.

PKK juga memiliki cabang dan afiliasi di Iran, Suriah, dan Irak. KCK, yang dipimpin oleh Öcalan yang dipenjara, adalah organisasi yang sama dengan PKK. “KCK” adalah ‘PJAK’ di Iran, ‘Tawgari Azadi’ di Irak, dan PYD/YPG di Suriah.

Afiliasi PYD/YPG dengan PKK sudah jelas. PYD/YPG didirikan di bawah kendali organisasi teroris PKK pada tahun 2003. Mereka memiliki kader kepemimpinan, struktur organisasi, strategi dan taktik, struktur militer, alat propaganda, sumber daya keuangan, dan kamp-kamp pelatihan yang sama.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler