UE, China Sepakat Lebih Banyak Berunding untuk Tarif Kendaraan Listrik

Pabrikan mobil premium Jerman merasakan dampak dari kebijakan keras UE terhadap China

Reuters
Kendaraan listrik baru buatan China dari perusahaan Xpeng terlihat diparkir di pelabuhan Zeebrugge, Belgia, 24 Oktober 2024.
Red: Firkah fansuri

REPUBLIKA.CO.ID,BRUSSELS- Uni Eropa dan China telah sepakat untuk segera mengadakan negosiasi teknis lebih lanjut tentang kemungkinan alternatif tarif kendaraan listrik buatan China.

Komisi Eropa dan Kementerian Perdagangan China mengatakan pada Jumat (25/10/2024),

Baca Juga


UE akan mengenakan tarif tambahan hingga 35,3 persen pekan depan pada kendaraan listrik yang dibuat di China, setelah penyelidikan anti-subsidi selesai, tetapi mengatakan pembicaraan dapat dilanjutkan setelah itu.

Kedua belah pihak sedang mempertimbangkan kemungkinan komitmen harga minimum dari produsen China atau investasi di Eropa sebagai alternatif tarif.


"Para prinsipal sepakat bahwa negosiasi teknis lebih lanjut akan segera dilakukan", kata Komisi setelah panggilan video antara kepala perdagangan UE Valdis Dombrovskis dan Menteri Perdagangan Tiongkok Wang Wentao.

Komisi Eropa, yang mengawasi kebijakan perdagangan untuk 27 negara Uni Eropa, telah mengadakan delapan putaran negosiasi teknis dengan mitra Tiongkok dan mengatakan ada "kesenjangan signifikan yang tersisa".

Sebuah pernyataan dari kementerian perdagangan Tiongkok mengatakan Beijing "menyambut baik tim UE untuk datang ke Tiongkok sesegera mungkin" dan bahwa kedua belah pihak telah mengklarifikasi bahwa komitmen harga akan terus menjadi solusi untuk perselisihan tersebut.

“Dombrovskis dan Wang menegaskan komitmen mereka untuk menemukan solusi yang disetujui bersama, yang perlu memastikan adanya persaingan yang setara di pasar UE dan sesuai dengan aturan Organisasi Perdagangan Dunia,” kata Komisi tersebut.

Pabrikan mobil premium Jerman merasakan dampaknya, karena konsumen China terus mengurangi mobil-mobil mewah di tengah melemahnya ekonomi.

Wang mengatakan mekanisme komunikasi bilateral untuk menerapkan dan mengatur komitmen harga harus ditetapkan selama tahap pembicaraan berikutnya.

Tiongkok mendesak UE dua minggu lalu untuk tidak melakukan negosiasi terpisah dengan perusahaan, dengan peringatan bahwa hal ini akan "mengguncang fondasi" negosiasi.
Komisi tersebut mengatakan Dombrovskis telah menekankan bahwa negosiasi eksekutif UE dengan Kamar Dagang Tiongkok untuk Impor dan Ekspor Mesin dan Produk Elektronik (CCCME) tidak mengecualikan diskusi dengan eksportir perorangan.

Dombrovskis juga menyuarakan kekhawatirannya tentang investigasi Tiongkok terhadap brendi, daging babi, dan susu UE, dengan mengatakan UE menganggapnya "tidak berdasar".
Tiongkok mengatakan akan terus melakukan investigasi dan bahwa mereka mematuhi aturan Tiongkok dan Organisasi Perdagangan Dunia.

sumber : Reuters
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler