Mengapa Pabrikan Mobil Sport Mewah Porsche AG Penjualannya Terus Turun?

Laba operasi sembilan bulan pertama tahun ini turun lebih dari seperempat.

REUTERS
Kendaraan listrik (EV) Porsche Taycan dipamerkan di acara media Volkswagen di Beijing, Tiongkok, 24 April 2024.
Red: Firkah fansuri

REPUBLIKA.CO.ID,FRANKFURT - Pembuat mobil sport mewah Porsche AG mengatakan mereka mungkin memangkas biaya setelah transisi yang lebih lambat dari perkiraan menuju kendaraan listrik dan pelemahan yang terus berlanjut di pasar China menyebabkan laba operasi sembilan bulan pertama tahun ini turun lebih dari seperempat.

Baca Juga


"Karena alasan ini, kami meninjau jajaran produk dan ekosistem kami, serta anggaran dan posisi biaya kami. Semua itu dengan tujuan untuk meningkatkan fleksibilitas dan ketahanan kami lebih jauh lagi," kata CFO Porsche AG Lutz Meschke, Jumat (25/10/2024).

Porsche, yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Volkswagen, mengatakan laba operasi sembilan bulan pertama tahun ini turun 26,7 persen menjadi 4,04 miliar euro (4,37 miliar dolar AS), sementara penjualan untuk periode tersebut turun 5,2 persen menjadi 28,56 miliar euro.

Di China, pasar terpenting Porsche, grup tersebut menghadapi apa yang disebut Meschke sebagai "pergeseran struktural dalam permintaan", yang merujuk pada pelemahan berkelanjutan di pasar mobil terbesar di dunia yang telah melanda semua produsen mobil Eropa. 

Laba operasi kuartal ketiga turun 41 persen menjadi 974 juta euro, di bawah estimasi LSEG sebesar 1,08 miliar, sementara penjualan untuk periode tersebut turun menjadi 9,1 miliar, sehingga menghasilkan margin operasi sebesar 10,7 persen.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler