Begini Kesan para Menteri Ikut Penggemblengan Empat Hari di Lembah Tidar Magelang

Para menteri dihadapkan dengan keadaan yang bukan merupakan rutinitasnya.

AP Photo/Achmad Ibrahim
Jajaran Kabinet Merah Putih berjalan bersama untuk mengikuti acara Parade Senja, di Akmil Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024).
Rep: Bayu Adji Prihammanda Red: Mas Alamil Huda

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menilai, retreat Kabinet Merah Putih yang dilaksanakan di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, sangat baik untuk menjaga hubungan antar-menteri. Pasalnya, para menteri dihadapkan dengan keadaan yang bukan merupakan rutinitasnya.

Baca Juga


Dito mengatakan, rangkaian yang disusun sepanjang kegiatan sangat efektif untuk para menteri menyamakan langkah dan frekuensi. Kegiatan dalam penggemblengan itu juga dinilai dapat menumbuhkan chemistry di antara para menteri.

"Saya rasa ini adalah suatu rangkaian yang sangat efektif di Kabinet Merah Putih bisa menyamakan langkah frekuensi dan ini dibikinkan kegiatan yang saya rasa hampir mayoritas anggota kabinet tidak terbiasa, tidur di tenda, bangun jam 4 pagi dan langsung kita baris berbaris dan senam," kata dia di Akmil Magelang, Sabtu (26/10/2024).

Apalagi, ia menambahkan, para menteri juga menerima subtansi yang sangat penting. Hal itu dinilai menjadi bekal untuk mempercepat kerja Kabinet Merah Putih. "Karena Bapak Presiden ingin pemerintahan Kabinet Merah Putih berjalan cepat," kata dia.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prasetyo Hadi mengatakan, kekompakan seluruh anggota Kabinet Merah Putih sangat luar biasa selama di Akmil Magelang. Pasalnya, selama berada di Lembah Tidar, para menteri dan wakil menteri selalu melakukan kegiatan bersama-sama.

"Berangkat bersama, makan bersama, berkegiatan bersama, mendengarkan arahan bersama. Luar biasa. Saya melihat teman-teman kabinet sangat senang, sangat gembira, banyak mendapatkan ilmu baru dan terutama kekompakan," kata dia.

 

Kepala Staf Presiden Anto Mukti Putranto mengaku bisa mengenal lebih dekat para anggota Kabinet Merah Putih melalui kegiatan retreat di Akmil Magelang. Apalagi, ia juga termasuk orang baru di jajaran eksekutif.

"Saya di sini akhirnya melihat semua, karena saya pun belum hapal semua. Saya pun juga baru," ujar dia.

Sementara itu, Wakil Menteri Pendidikan Tinggi Stella Christie mengaku mendapatkan banyak pelajaran dari kegiatan retreat di Lembah Tidar. Ia juga mengaku terinspirasi dengan arahan Prabowo dalam kegiatan itu.

"Kesannya sangat semangat dan sangat terinspirasi sekali karena arahan Bapak Presiden kita harus team work dan saya rasa kita berolahraga bersama, dan bertinggal bersama, adalah suatu yang sangat efektif memulai team work," kata dia.

Apalagi, ia menambahkan, para jajaran Kabinet Merah Putih diberikan pelatihan baris berbaris selama kegiatan itu. Menurut dia, hal itu sangat penting untuk dapat menjadikan kerja kabinet seirama.

"Termasuk secara literally kita baris bersama, harus berirama. Itu pasti saya rasa ada manfaatnya ke depan bahwa kita harus berirama," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler