Selasa 26 May 2020 14:58 WIB

Jangan Biarkan Helm Berbau

Sebaiknya helm dicuci minimal sekali dalam sebulan.

Red: khoirul azwar
Gunakan helmet liner untuk mengurangi keringat yang terserap lapisan dalam helm.
Foto: ahm
Gunakan helmet liner untuk mengurangi keringat yang terserap lapisan dalam helm.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Setiap pemotor  kemana pun bepergian, haruslah  menggunakan helm guna melindungi kepala dari risiko benturan saat terjadi kecelakaan.

Pemakaian helm yang tepat tentu perlu juga dibarengi dengan  perawatan secara rutin untuk  menjaga fungsi helm agar tetap optimal dan nyaman dikenakan. Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM),  Johanes Lucky, mengatakan, dengan melakukan perawatan helm secara berkala,  kualitasnya akan selalu terjaga, dan tentu hal ini akan memberikan kenyamanan bagi pemakainya.

Untuk mendapatkan kenyaman tersebut, Lucky pun membagi tips dalam merawat helm agar tetap awet dan tidak berbau, serta safety

*Bersihkan lapisan luar berikut kaca helm jika sudah terlihat kusam atau terkena kotoran, debu atau hujan dengan kain serat halus atau kain micro fiber serta shampo atau sabun khusus perawatan helm. 

*Hindari penggunaan pembersih kaca untuk membersihkan visor helm, karena biasanya pembersih kaca mengandung amonia yang dapat merusak polikarbonat pada visor.

*Gunakan cotton bud untuk membersihkan bagian helm yang sulit dijangkau, seperti lubang ventilasi pada helm yang bertujuan untuk menjaga sirkulasi udara pada helm agar tidak terhalang oleh kotoran.

*Lapisan tengah helm cukup dilap dengan kain micro fiber kering dan hindari  menyiram lapisan tengah dengan air. Karena dapat menurunkan kualitas daya redam sterofoam, mengurangi kekuatan perekat sterofoam pada helm dan juga dapat menimbulkan jamur apabila proses pengeringan tidak  maksimal.

*Untuk lapisan dalam portable dapat dilepas semua lapisan dalam helm, kemudian rendam dan cuci dengan  menggunakan tangan. Hindari menggunakan sikat karena bisa merusak kain pelapisnya. Kemudian bilas hingga bersih lalu tepuk – tepuk dan keringkan dengan cara dijemur. 

*Untuk lapisan dalam permanen, gunakan air hangat dan shampo khusus atau sabun kemudian masukkan helm dengan posisi seperti saat digunakan (jangan dengan posisi terbalik). Buka visor (tanpa dilepas) dan gunakan jari untuk menggosok lapisan dalamnya. Kemudian angkat helm dan bilas, sehingga tidak ada sisa shampo atau sabun yang masih menempel. Lakukan pengeringan.

*Setelah helm bersih untuk tetap menjaga kualitasnya, lapisi helm dengan pelapis khusus helm, sehingga tetap berkilau dan terjaga kualitas catnya.

*Untuk mengurangi jumlah keringat yang terserap oleh lapisan dalam atau padding helm, gunakan helmet liner atau helmet cup.

*Setelah helm digunakan, jangan langsung masukkan ke dalam tas, karena helm yang lembab akan menimbulkan bau tidak sedap dan dapat mengakibatkan berjamur.

“Sebaiknya membersihkan helm dilakukan minimal satu  bulan sekali, namun jika dipakai setiap hari pembersihannya bisa setiap minggu,” ujar Lucky.

sumber:khoirul azwar

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement