Jumat 03 Jul 2020 17:19 WIB

Gyeonggi, Alternatif Wisata Korsel Ramah Transportasi Umum

Gyeonggi menjadi sangat populer berkat drama Jewel in the palace.

Red: Dwi Murdaningsih
Salah satu atraksi wisata di Gyeonggi-do, Korsel.
Foto: exploringkorea.com
Salah satu atraksi wisata di Gyeonggi-do, Korsel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Korea Selatan memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik. Selain Seoul, Provinsi Gyeonggi bisa menjadi pilihan alternatif wisata di Korea Selatan.

Salah satu alasannya adalah provinsi tersebut kini membangun transportasi publik yang nyaman, lebih nyaman ketimbang mobil pribadi.

Baca Juga

Gyeonggi Bus adalah andalan provinsi yang dipimpin oleh Gubernur Lee Jae-myung. Bus publik ini beroperasi sejak Maret 2020 dan melewati 16 rute di 19 kota termasuk Gimpo dan Yangju. Hingga akhir tahun akan ditambah 20 rute lagi hingga total 56 rute.

Pemerintah Provinsi Gyeonggi, berencana memperluas jaringan kereta api di bagian timur dan wilayah utara provinsi di mana infrastruktur transportasi relatif kurang. Perluasan jaringan ini akan bekerja sama dengan Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi, dan organisasi pemerintah terkait lainnya. Sinergi ini untuk memastikan bahwa enam proyek kereta api provinsi (seperti jalur Okjeong-Pocheon, jalur ganda Icheon-Mungyeong) dapat berjalan dengan lancar.