Selasa 07 Jul 2020 00:11 WIB

Sejumlah Teh yang Disarankan untuk Penderita Diabetes

Ada jenis teh tertentu yang bermanfaat bagi penderita diabetes.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Ada jenis teh tertentu yang bermanfaat bagi penderita diabetes (Foto: ilustrasi teh)
Foto: www.freepik.com
Ada jenis teh tertentu yang bermanfaat bagi penderita diabetes (Foto: ilustrasi teh)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak varietas teh untuk dipilih, beberapa di antaranya menawarkan manfaat kesehatan yang unik. Namun, ada teh tertentu yang bermanfaat bagi penderita diabetes.

Penelitian telah menunjukkan bahwa teh tertentu memiliki sifat anti-inflamasi, penurun gula darah, dan peka terhadap insulin, sehingga menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk manajemen diabetes. Beberapa varietas teh mengandung senyawa tanaman yang melawan kerusakan sel dan mengurangi peradangan dan kadar gula darah.

Baca Juga

Hal ini membuat teh menjadi pilihan yang cocok untuk penderita diabetes. Melansir laman health, Selasa (7/7), berikut beberapa pilihan terbaik untuk penderita diabetes.

Teh hijau

Minum teh hijau dapat membantu mengurangi kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan mengoptimalkan kontrol gula darah. Beberapa senyawa dalam teh hijau, termasuk epigallocatechin gallate (EGCG), telah terbukti merangsang penyerapan glukosa ke dalam sel-sel otot rangka, sehingga mengurangi kadar gula darah.

Penelitian menunjukkan bahwa meminum teh hijau dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena diabetes. Umumnya, peneliti menyarankan minum 3-4 cangkir teh hijau per hari untuk menuai manfaat yang disebutkan di atas.

Teh hitam

Sebuah menunjukkan bahwa asupan teh hitam mengganggu penyerapan karbohidrat dengan menekan enzim tertentu. Hal ini dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Seperti halnya dengan teh hijau, penelitian tentang teh hitam umumnya merekomendasikan minum 3-4 cangkir per hari untuk menuai manfaat penting.

Teh kembang sepatu

Teh kembang sepatu juga dikenal sebagai teh asam yang terbuat dari kelopak tanaman Hibiscus sabdariffa. Kelopak kembang sepatu mengandung berbagai antioksidan polifenol yang bermanfaat, termasuk asam organik dan anthocyanin, yang membuat teh kembang sepatu warnanya cerah seperti kembang sepatu.

Mengkonsumsi teh kembang sepatu telah terbukti memiliki banyak efek menguntungkan bagi kesehatan, mulai dari menurunkan tingkat tekanan darah hingga mengurangi peradangan. Minum teh kembang sepatu dapat membantu penderita diabetes mengendalikan tekanan darah mereka.

Teh kayu manis

Kayu manis adalah rempah-rempah populer yang telah melaporkan sifat antidiabetes. Banyak orang mengambil suplemen kayu manis pekat untuk membantu mengurangi kadar gula darah mereka.

Ada beberapa mekanisme dimana kayu manis dapat membantu mengurangi kadar gula darah, termasuk memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Kayu manis juga meningkatkan penyerapan glukosa seluler, dan meningkatkan sensitivitas insulin

Teh kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah oranye yang hidup yang terkenal karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya yang kuat. Curcumin, komponen aktif utama dalam kunyit, telah dipelajari untuk sifat penurun gula darahnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement