Jumat 02 Oct 2020 15:18 WIB

Microsoft Rilis Surface Pro X Baru

Microsoft menghadirkan versi generasi kedua dari Surface Pro X premium.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Surface Pro X
Foto: gsm arena
Surface Pro X

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Microsoft menghadirkan versi generasi kedua dari Surface Pro X premium. Surface Pro X baru adalah pembaruan untuk model tahun lalu dan merupakan tablet Windows berbasis ARM.

Perangkat ini memiliki layar sentuh 13 inci dengan aspek rasio 3:2 dan resolusi 2880x1920. Dilansir dari GSMArena, Jumat (2/10), perangkat ini dikemas ke dalam desain baru, yang diklaim Microsoft sebagai yang tertipis untuk Surface pro sambil tetap mempertahankan kickstand yang khas.

Surface pro X baru didukung oleh dua chipset khusus, Microsoft SQ 1 dari tahun lalu dan SQ 2 baru, yang dibuat oleh Qualcomm.

Microsoft tidak memberikan perincian tentang chipset ini tetapi karena SQ 1 didasarkan pada Snapdragon 8cx, kemungkinan SQ 2 didasarkan pada Snapdragon 8cx Gen 2. Ini dikonfirmasi lebih lanjut dalam spesifikasi GPU, di mana SQ 1 memiliki Adreno 685 sedangkan SQ 2 memiliki Adreno 690, mirip dengan 8cx dan 8cx Gen 2. Microsoft mengklaim masa pakai baterai 15 jam.

Surface Pro X menawarkan pilihan memori LPDDR4x 8GB dan 16GB. Di bagian depan penyimpanan, konsumen mendapatkan pilihan 128, 256 dan 512GB SSD M. 2 2230 yang dapat dilepas. Namun, driver tampaknya tidak dapat diganti oleh pengguna, karena Microsoft mengatakan mengatakan itu hanya dapat dihapus oleh teknis Microsoft. Sebab perangkat kerasnya berbasis ARM, perangkat akan dikirimkan dengan Windows 10 Home di ARM.

Surface Pro X memiliki kamera depan 5MP untuk video 1080p dan juga kamera terpisah untuk otentikasi wajah Windows Hello. Di bagian belakang ada kamera 10MP untuk merekam video hingga 4K. Ada juga mikrofon jarak jauh ganda, serta speaker stereo 2W dengan Dolby Audio.

Selain itu, ada 2x port USB-C, port Surface Connect, Gigabit LTE dengan dukungan nano SIM dan eSIM, A-GPS, Wi Fi 802.11ac dan Bluetooth 5.0 di perangkat ini. Surface Pro X kompatibel dengan keyboard Surface Pro X dari tahun lalu, yang kini hadir dalam tiga warna baru : Platinum, Ice Blue dan Poppy Red, tetapi dijual terpisah seharga 104 dolar AS. Hal yang sama berlaku untuk Surface Slim Pen, yang harganya 145 dolar AS ekstra.

Surface Pro X akan tersedia dalam enam konfigurasi, hanya dua yang menggunakan Microsoft SQ 2. Ini termasuk versi 256GB seharga 1.500 dolar AS dan versi 512 GB seharga 1.800 dolar AS. Keduanya memiliki memori 16GB, Microsoft SQ 2 dan tersedia untuk pre-order sekarang dalam pilihan Black atau Platinum.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement