Ahad 25 Oct 2020 14:18 WIB

Ilmuwan Kembangkan Cara Baru Uji Antibodi Covid-19

Metode mencari bukti antibodi menghambar virus untuk mengikat sel.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, SEATTLE -- Dr Stephen Smith dari Seattle Children's Research Institute menemukan cara baru untuk uji coba antibodi virus Covid-19. Penelitian ini berdampak pada bagaimana tes bebas sel dengan cepat mendeteksi antibodi penawar Covid-19 dan dapat membantu dalam pengujian vaksin dan upaya penemuan obat.

Stephen Smith mengaku penemuan ini bermula dari kondisinya sat mengalami sakit otot, gangguan pencernaan, dan tiba-tiba kehilangan penciuman pada akhir Februari, dan curiga dia menderita Covid-19. Dia lalu mengembangkan cara untuk menguji dirinya sendiri untuk menangkal virus.

Buah dari keingintahuannya, yang sekarang diterbitkan dalam The Journal of Infectious Diseases, menawarkan cara yang dapat diandalkan untuk mengukur apakah seseorang memiliki antibodi penawar yang dapat mencegah virus corona baru menginfeksi sel. Metode ini disebut dapat diterapkan secara lebih luas daripada yang tersedia saat ini.

"Jika Anda mengira Anda menderita Covid-19 dan pergi ke dokter, mereka dapat menguji darah Anda dan memberi tahu Anda apakah Anda memiliki antibodi terhadap Covid-19 atau tidak, tetapi itu tidak memberi tahu Anda apakah antibodi Anda bagus secara fungsional memblokir virus agar tidak mengikat sel," kata Smith dikutip dari Science News, Jumat (23/10).