Sunday, 26 Rabiul Awwal 1446 / 29 September 2024

Sunday, 26 Rabiul Awwal 1446 / 29 September 2024

Pemilukada Serentak Harus Kedepankan Nilai-nilai Persatuan

Rabu 09 Dec 2020 00:29 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

 Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta semua pihak antisipasi sengketa dan kerumunan di Pemilukada Serentak

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta semua pihak antisipasi sengketa dan kerumunan di Pemilukada Serentak

Foto: istimewa
Rerie meminta semua pihak antisipasi sengketa dan kerumunan di Pemilukada Serentak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR RI mengajak para kontestan dan pelaksana dalam pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) serentak di 270 kabupaten/kotamadya dan daerah mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dalam berkontestasi.

"Dalam kontestasi politik di masa pandemi ini potensi sengketa pemilukada dan terjadinya kerumunan massa harus benar-benar diantisipasi oleh semua pihak," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/12).

Selain para penyelenggara Pemilukada dan pemerintah, menurut Lestari, langkah antisipasi juga harus dilakukan oleh para kontestan dan tim pemenangannya. Rerie, sapaan akrab Lestari, menegaskan antisipasi para penyelenggara dan kontestan Pemilukada bisa lewat upaya mengedepankan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, serta kemanusiaan dalam menyikapi setiap persoalan yang muncul saat berkontestasi.

Rerie berharap, para kontestan dalam Pemilukada serentak datang sebagai negarawan, sehingga tidak mengutamakan elektabilitas semata. Legislator Partai NasDem itu berpendapat, banyak hal  yang harus diwaspadai dalam sebuah ajang kontestasi seperti Pemilukada serentak.