Kamis 11 Feb 2021 01:59 WIB

Bocoran Perubahan yang Bakal Ada di Android 12

Android 12 kemungkinan baru akan rilis September.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Bocoran Android 12.
Foto: XDA Developers.
Bocoran Android 12.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFONIA -- Banyak pengguna Android sedang menunggu pembaruan untuk Android 11 dalam waktu lima bulan setelah dirilis. Pratinjau untuk Android 12 sedikit demi sedikit telah terungkap.

Ada sedikit kejutan bahwa dokumen yang diduga ditujukan untuk Android OEM telah bocor ke XDA-Developers. Bocoran itu menguraikan beberapa perubahan yang datang di Android 12.

Bocoran tersebut mencakup serangkaian screenshot yang memberikan informasi pada beberapa perubahan ke antarmuka pengguna bersama dengan beberapa fitur baru.

Screenshot pada awalnya cukup mengejutkan, tetapi penting untuk diketahui bahwa ini kemungkinan menggambarkan tema khusus, yang diyakini sebagai salah satu fitur di Android 12.

Pada dasarnya, ini memungkinkan pengguna untuk memilih warna utama dan aksen. Di screenshot ini ada warna beige atau krem dan seperti mode terang dan gelap dasar di Android 10, ini akan dibawa ke seluruh sistem operasi.

Dilansir dari LaptopMag, Rabu (10/2), pembaruan yang mungkin akan muncul adalah fitur notifikasi baru yang difokuskan untuk mengatasi masalah privasi dengan menunjukkan kapan kamera, mikrofon atau lokasi sedang diakses.

Selain itu, di tampilan quick setting hanya ada 4 ikon, bukan 6 ikon seperti yang ada di Andorid 11. Alhasil, opsi-opsi ini akan terlihat lebih besar.

Kemudian, ada screenshot yang menunjukkan beberapa perubahan pada widget, yang tampaknya memberi mereka tampilan yang lebih koheren. Saat ini cukup terbatas hanya dengan satu widget percakapan digambarkan.

Perlu diingat, bocoran ini masih sangat awal. Android 12 kemungkinan baru akan rilis September.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement