Jumat 05 Nov 2021 08:00 WIB

Kena Efek Samping Aneh Covid, Perempuan Ini Minum Sabun Cair

Ahli menyimpulkan gangguan aneh yang dialami perempuan itu efek samping Covid-19.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan kebingungan (Ilustrasi). Seorang perempuan asal Qatar mengalami efek samping aneh Covid-19.
Foto:

Bahkan, pasien mengatakan bahwa meminum sabun mandi bukanlah sebuah tindakan yang berbahaya. Ia menyebut hal itu dilakukan karena menyukai wangi dan rasa dari produk tersebut.

Selama lima hari berada di rumah sakit, perempuan itu tidak terbukti mengalami gangguan jiwa. Bahkan, meski perilakunya kadang tidak terduga, seperti bernyanyi sendiri serta menceritakan sebuah lelucon kepada perawat dan segera setelah itu tiba-tiba menangis.

"Sehari setelah masuk rumah sakit, pasien mencuci pakaiannya di toilet tetapi tidak dapat menjelaskan tindakannya. Pada kesempatan lain dia melaporkan halusinasi visual singkat, melihat burung di bangsal ketika tidak ada burung di sana," kata tim dokter.

Investigasi lebih lanjut mengungkapkan bahwa perempuan itu menderita pneumonia yang disebabkan oleh Covid-19. Namun, ia hanya dilaporkan mengalami gejala batuk ringan dan kehilangan fungsi indra perasa dan penciuman.

Dari tes yang dilakukan, termasuk pemindaian otak, menunjukkan hasil normal, namun indikator inflamasi semakin tinggi. Tim dokter yang dipimpin oleh Peter Haddad, profesor dari Departemen Psikiatri di Hamad Medical Corporation, mengatakan bahwa diagnosis psikiatri lebih menantang.

"Pasien menunjukkan fitur delirium dan mania pada presentasi yang berlanjut selama masa rawat inapnya," jelas Haddad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement