Jumat 05 Nov 2021 08:00 WIB

Kena Efek Samping Aneh Covid, Perempuan Ini Minum Sabun Cair

Ahli menyimpulkan gangguan aneh yang dialami perempuan itu efek samping Covid-19.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan kebingungan (Ilustrasi). Seorang perempuan asal Qatar mengalami efek samping aneh Covid-19.
Foto:

Delirium biasanya menyebabkan kebingungan dan kurangnya kesadaran. Sementara mania dikaitkan dengan euforia, suasana hati yang intens, hiperaktif, dan delusi.

Para ahli mengatakan bahwa Covid-19 adalah penyebab kondisi mental perempuan itu, mengingat gejalanya terjadi pada periode waktu yang sama. Mereka mengatakan, pasien atau keluarganya tidak memiliki riwayat penyakit mental, tidak minum alkohol, atau bahkan menggunakan narkoba atau obat-obatan.

Para ahli mengatakan, peradangan yang disebabkan oleh Covid-19 menyebabkan masalah kejiwaan di otak. Infeksi virus corona jenis baru (SARS-CoV-2) telah diakui menjadi penyebab delirium dan juga telah dilaporkan terkait dengan mania.

Meski demikian, Haddad mengatakan bahwa kondisi tersebut biasanya tidak terlihat pada pasien yang masih muda. Delirium ditemukan sebagai gejala yang memengaruhi hingga 15 persen orang dewasa, dan 20 persen dari mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Delirium hiperaktif dapat menyebabkan agitasi, halusinasi, dan agresivitas, sedangkan delirium hipoaktif dapat menyebabkan seseorang menjadi menarik diri dan terkadang mengantuk. Biasanya, kondisi ini berlangsung sekitar dua hari.

Untuk perempuan dalam kasus ini, yang namanya tidak diidentifikasi kasus delirium dan mania yang terjadi padanya berlangsung sekitar lima hari. Dalam beberapa bulan kemudian, perempuan tersebut mengatakan telah sepenuhnya sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement