Ahad 16 Jan 2022 21:39 WIB

China Bangun ‘Bulan Buatan’ untuk Eksperimen Gravitasi

Ilmuwan China telah membangun fasilitas penelitian “bulan buatan”.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Agung Sasongko
Bulan
Foto:

Biasanya, medan magnet yang diorientasikan secara acak dari semua atom dalam suatu objek, apakah itu milik setetes air atau katak, saling meniadakan, dan tidak ada magnetisme di seluruh material yang muncul.

Namun, menerapkan medan magnet eksternal ke atom-atom itu, dan semuanya berubah: Elektron akan memodifikasi gerakannya, menghasilkan medan magnetnya sendiri untuk melawan medan yang diterapkan.

Jika magnet luar cukup kuat, gaya tolak-menolak antara magnet dan medan atom akan tumbuh cukup kuat untuk mengatasi gravitasi dan mengangkat objek-apakah itu bagian canggih dari teknologi bulan atau amfibi yang bingung- ke udara.

 

Tes yang diselesaikan di ruangan itu akan digunakan untuk menginformasikan program eksplorasi bulan China Chang'e. Inisiatif ini termasuk Chang'e 4, yang mendaratkan rover di sisi jauh bulan pada 2019, dan Chang’e 5, yang mengambil sampel batuan dari permukaan bulan pada 2020. China juga telah menyatakan akan membangun stasiun penelitian bulan di kutub selatan bulan pada  2029.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement