Sabtu 05 Feb 2022 08:15 WIB

Bayi Laki-Laki yang Terpapar Layar Berisiko Kembangkan Autisme

Bayi laki-laki yang terpapar layar dua-empat jam sehari berisiko autis pada usia 3.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Bayi melihat layar gawai. Para ahli dari University of Yamanashi, Jepang, menggagas penelitian mengenai relasi jam layar anak dan autisme.
Foto:

Sekitar 330 anak (0,4 persen) didiagnosis mengidap autisme pada usia tiga tahun. Dari jumlah tersebut, terdapat 251 pasien putra dan 79 pasien putri. Temuan telah dipublikasikan dalam jurnal JAMA Pediatrics.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar anak sama sekali tidak terpapar layar selama 12 bulan pertama kehidupan mereka. Dari studinya, para ilmuwan Jepang menemukan kejadian di lapangan yang bertentangan dari rekomendasi tersebut.

Sembilan dari 10 anak yang terlibat dalam studi telah terpapar layar sejak berusia satu tahun. Menurut para peneliti, waktu layar dapat memengaruhi risiko autisme karena gelombang elektromagnetik yang dipancarkan layar. Dampak terhadap perilaku telah terbukti pada eksperimen menggunakan tikus.

"Pada masa bayi, ketika perkembangan saraf aktif, faktor lingkungan seperti stimulasi listrik melalui layar dan stimulasi cahaya dari penglihatan dapat berpengaruh," kata para peneliti, dikutip dari laman Daily Mail, Sabtu (5/2/2022).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ اِذَا جَاۤءَكَ الْمُؤْمِنٰتُ يُبَايِعْنَكَ عَلٰٓى اَنْ لَّا يُشْرِكْنَ بِاللّٰهِ شَيْـًٔا وَّلَا يَسْرِقْنَ وَلَا يَزْنِيْنَ وَلَا يَقْتُلْنَ اَوْلَادَهُنَّ وَلَا يَأْتِيْنَ بِبُهْتَانٍ يَّفْتَرِيْنَهٗ بَيْنَ اَيْدِيْهِنَّ وَاَرْجُلِهِنَّ وَلَا يَعْصِيْنَكَ فِيْ مَعْرُوْفٍ فَبَايِعْهُنَّ وَاسْتَغْفِرْ لَهُنَّ اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Wahai Nabi! Apabila perempuan-perempuan yang mukmin datang kepadamu untuk mengadakan bai‘at (janji setia), bahwa mereka tidak akan mempersekutukan sesuatu apa pun dengan Allah; tidak akan mencuri, tidak akan berzina, tidak akan membunuh anak-anaknya, tidak akan berbuat dusta yang mereka ada-adakan antara tangan dan kaki mereka dan tidak akan mendurhakaimu dalam urusan yang baik, maka terimalah janji setia mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-Mumtahanah ayat 12)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement