Ahad 20 Feb 2022 08:34 WIB

Anak dengan Kanker Butuh Pendampingan Khusus

Komunikasi yang baik menjadi kunci perawatan anak dengan kanker.

Red: Indira Rezkisari
Sejumlah anak pengidap kanker bernyanyi bersama pada Peringatan Hari Kanker Anak Internasional. Anak dengan kanker memerlukan perawatan khusus yang multidisiplin.
Foto: Abdan Syakura
Sejumlah anak pengidap kanker bernyanyi bersama pada Peringatan Hari Kanker Anak Internasional. Anak dengan kanker memerlukan perawatan khusus yang multidisiplin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak dengan kanker membutuhkan perawatan khusus dan pendampingan baik di rumah sakit maupun di rumah, menurut Ketua Pusat Thalassemia Unit Pelayanan Transfusi Darah RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta Prof Dr dr Pustika Amalia W, SpA(K). "Anak dengan kanker memerlukan perawatan khusus yang multidisiplin dari berbagai keahlian baik pengobatan rumah sakit maupun di rumah. Sehingga informasi dan komunikasi yang baik antara pasien keluarga dokter dan perawat haruslah berjalan dengan baik," ujar dia dalam nursing zoominar bertajuk "Peran Perawat Dalam Paradigma Pelayanan Kanker Anak", Sabtu (19/2/2022).

Pustika memahami, vonis kanker pada anak bisa memunculkan rasa tidak nyaman terutama bagi orang tua, keluarga dan bahkan pasien. Tak jarang, orang tua merasa bingung harus melakukan apa.

Baca Juga

Sementara pasien berada dalam kondisi terpuruk dan putus asa. Mereka terbatas dalam melakukan kegiatan karena harus menjalani perawatan di rumah maupun rumah sakit.

Dalam hal ini, hubungan moral antara sesama pasien, penyintas dan bahkan yayasan terkait kanker juga menjadi hal yang diperlukan dalam merawat pasien kanker agar mereka bisa mencapai survival lebih baik. Pustika mengingatkan, sebagian besar kasus kanker membutuhkan kemoterapi di samping operasi dan radiasi.