Rabu 02 Mar 2022 20:25 WIB

Peluk Anak 20 Detik 8 Kali Sehari, Ini Manfaatnya Bagi Buah Hati dan Ayah-Ibu

Bangun bonding dengan anak dengan memeluknya.

Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi Ibu dan anak. Bonding dengan anak bisa dilakukan dengan memeluknya selama 20 detik sebanyak delapan kali sehari.
Foto:

Bahkan, hal ini juga akan memengaruhi sang anak saat sudah dewasa dan menjadi orang tua. Hal ini dapat menjadikannya orang tua yang sulit belajar tentang hubungan antara orang tua dan anak yang semestinya.

"Ini juga akan menentukan dia saat menjadi orang tua. Akan sulit ketika misalnya dia dari kecil tidak menerima bonding sama orang tuanya, nggak ada ikatan emosional, sehingga anak ini nggak belajar bagaimana hubungan antara orang tua dan anak yang semestinya," ujar Vera.

Lebih lanjut, Vera juga berpesan kepada pasangan orang tua untuk tidak melakukan sentuhan dengan anak saja. Namun, hal ini juga berlaku antarorang tua. Sebab, dengan melakukan sentuhan, hal ini juga dapat menimbulkan hormon oksitosin sehingga bisa membantu menurunkan stres.

"Ini juga berlaku timbal balik ya. Jangan dipikir ketika bonding itu manfaatnya hanya untuk anak. Tapi buat kita pun sama," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement