Selasa 22 Mar 2022 07:29 WIB

90 Persen Pengidap Kanker Usus Alami Hematochezia, Seperti Apa Tandanya?

Sekitar 90 persen pengidap kanker usus alami hematochezia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (Ilustrasi). Orang yang tidak punya wasir lalu mengalami hematochezia alias munculnya darah segar pada tinja, harus mewaspadai kemungkinan kanker usus.
Foto:

Tanda lain ialah sakit perut, rasa tidak nyaman pada perut, kembung, serta penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. NHS merekomendasikan untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika gejala tersebut dialami selama tiga pekan atau lebih.

Ada pula pengidap kanker usus yang sama sekali tidak menunjukkan gejala. Selain itu, ada masalah kesehatan lain yang dikaitkan dengan deretan gejala tadi, mulai dari wasir hingga penyakit celiac (reaksi kekebalan terhadap konsumsi gluten).

Gejala-gejala tersebut perlu dianggap lebih serius seiring bertambahnya usia atau jika semuanya berlangsung secara terus-menerus. Jika seseorang akhirnya didiagnosis mengidap kanker usus, ada berbagai perawatan yang tersedia.

Penanganan pasien bisa berupa operasi atau terapi yang ditargetkan untuk kasus tertentu. Dampak dari kanker usus terhadap kehidupan sehari-hari akan tergantung pada stadium kanker dan jenis perawatan yang dijalani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement