Rabu 23 Mar 2022 16:21 WIB

5 Tips dari Ahli Fertilitas Buat yang Sulit Dapat Momongan

Kesulitan memiliki momongan juga dapat diatasi dengan memperbaiki kondisi kesehatan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu hamil memperlihatkan foto USG janinnya. Tidak semua pasangan suami-istri bisa mendapatkan momongan dengan mudah.
Foto:

3. Waspada polusi

Jangan lupa hindari gaya hidup merusak, seperti merokok, polusi, atau sering terpapar sumber radikal bebas. Radikal bebas sifatnya membuat sel menjadi tua seingga mengganggu regenerasi sel. Saat ini, kita terbantu dengan penggunaan masker agar hanya partikel kecil yang kemungkinan besar terhirup oleh hidung.

4. Jaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental juga menjadi hal sangat penting dalam upaya mendapatkan kehamilan. Tentunya, selain sehat jasmani, anak yang lahir diharapkan punya mental yang sehat.

Maka dari itu, orang tua, khususnya seorang ibu harus menjaga kesehatan mental untuk melahirkan anak yang juga sehat secara jasmani maupun mentalnya. Dr Yassin mengingatkan bahwa suami dan istri sama-sama punya peran dalam sulitnya memiliki momongan.

"Jadi sama-sama saling memaafkan saja," kata dr Yassin.

5. Ikuti sumber valid

Ikuti informasi yang benar dari sumber kredibel. Dengarkan atau baca informasi dari sumber atau ahli yang validitasnya sudah tidak diragukan.

Upaya program hamil bisa berbeda bagi setiap orang, bergantung kondisi masing-masing. Informasi yang valid, menurut dr Yassin, biasanya akan sama dari tahun ke tahun, kecuali ada penelitian terbaru yang kemudian bisa dikoreksi.

"Pasutri harus mampu membedakan mana informasi benar dan hoaks sehingga tidak membuang waktu lebih lama menuju proses kehamilan," tutur dr Yassin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement