Ahad 27 Mar 2022 07:22 WIB

Cara Kembalikan Efisiensi Mobil

Seluruh karbon sisa pembakaran mobil harus dibersihkan secara menyeluruh.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Seiring dengan penggunaan mobil, akan terdapat karbon sisa pembakaran yang menumpuk pada sejumlah bagian mesin. Jika hal itu dibiarkan terakumulasi, maka pembakaran dalam mesin jadi kurang optimal dan membuat konsumsi bahan bakar jadi makin boros.

Hal ini pun telah dijadikan perhatian oleh sebuah jaringan bengkel nasional bernama Dokter Mobil. Founder Dokter Mobil, Lung Lung mengatakan, terdapat sejumlah treatment khusus yang perlu dilakukan agar bisa mengembalikan efisiensi mobil.

Baca Juga

"Seluruh karbon sisa pembakaran itu harus dibersihkan secara menyeluruh. Tapi, pembersihanya harus ditunjang dengan cairan dan perangkat yang pas sehingga proses pembersihan bisa dilakukan dengan cepat dan optimal," kata Lung Lung saat dijumpai di Dokter Mobil cabang Depok, Jawa Barat pada Kamis (24/3).

Pembersihan karbon sisa pembakaran ini pun dianggap sangat penting karena bisa menghindar engine knocking atau nglitik yang terjadi karena adanya sisa karbon yang membuat pembakaran terjadi tak sesuai dengan timing-nya.