REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produsen mobil Korea Selatan Kia Corp menguraikan rencana bisnis mobil bekas. Kia berniat untuk memperluas pilihan pelanggan menyusul persetujuan dari pemerintah negara itu.
Bulan lalu, Kementerian UKM dan Startup Korea Selatan memutuskan untuk tidak menetapkan penjualan mobil bekas sebagai salah satu "bisnis mata pencaharian" yang harus dicadangkan untuk usaha kecil dan pemula. Ini membuka jalan bagi konglomerat untuk memasuki pasar mobil bekas.
Dikutip dari Yonhap, Senin (18/4/2022), keputusan itu mengundang keberatan keras dari asosiasi diler mobil bekas di negara itu. Namun kelompok konsumen menyambut baik tindakan tersebut karena mereka belum puas dengan produk dan layanan dari bisnis yang ada.
Beberapa diler mobil bekas lokal telah dikritik karena merayu pelanggan dengan penawaran palsu dan menawarkan informasi yang salah tentang mobil yang akan dijual. Afiliasi Kia yang lebih besar, Hyundai Motor Co. dengan cepat mengumumkan rencananya untuk memasuki bisnis mobil bekas bulan lalu.
Hyundai berencana untuk menjual mobil bekas yang melewati proses pengujian kualitas yang ketat setelah membeli kendaraan mereknya sendiri yang telah berada di jalan selama kurang dari lima tahun dan menempuh jarak kurang dari 100.000 kilometer.
Kia mengatakan akan mengambil langkah yang sama dalam program pembelian mobil bekas. Untuk hidup berdampingan dengan saingan yang lebih kecil di industri mobil bekas, Hyundai mengatakan akan membatasi pangsa pasarnya dari 2,5 persen di Korea pada 2022 menjadi 3,6 persen pada 2023 dan 5,1 persen pada 2024.
Kia berencana membatasi pangsa pasar domestiknya dari 1,9 persen tahun ini menjadi 2,6 persen pada 2023 dan 3,7 persen pada 2024. Dalam program lain, Hyundai berencana untuk memperkenalkan program "tukar tambah" di mana perusahaan membeli mobil bekas merek Hyundai dari pelanggan dan menawarkan diskon ketika mereka membeli model Hyundai baru.
"Kia akan memungkinkan pelanggan untuk merasakan mobil bekas yang ingin mereka beli selama satu bulan dan kemudian memutuskan apakah mereka akan membelinya atau tidak dalam "program berlangganan dan pembelian," kata pernyataan itu.
Kia juga berencana untuk mengembangkan pengujian kualitas dan sistem sertifikat sendiri untuk mobil listrik bekas karena bertujuan untuk menjadi pemain terkemuka di pasar tersebut. Dalam dua tahun terakhir, Hyundai Motor Group telah melakukan serangkaian pembicaraan dengan diler mobil bekas yang ada tetapi mereka belum mencapai hasil atau terobosan yang nyata.
Asosiasi Dealer Mobil Bekas Korea (CARKU) dan Federasi Asosiasi Dealer Mobil Penggunaan Korea (KUCA) mengatakan keputusan pemerintah telah menempatkan 300.000 pekerjaan di industri mobil bekas dalam risiko dan dapat mengakibatkan hilangnya pekerjaan secara besar-besaran. Pasar mobil bekas negara itu mencapai 2,6 juta kendaraan per tahun, dengan K-Car memimpin dengan pangsa 5 persen dan sisanya 95 persen, terdiri dari diler kecil dan transaksi konsumen-ke-konsumen.