Kamis 05 May 2022 13:38 WIB

UKHSA: Vaksin Covid-19 Bukan Penyebab Lonjakan Kasus Hepatitis Anak

Unggahan di media sosial ada yang mengaitkan vaksin Covid-19 dengan kasus hepatitis.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 pada seorang anak saat acara Wisata Vaksin Covid-19 untuk siswa TK dan SD di kawasan Sumber Wangi Kota Madiun, Jawa Timur, Rabu (6/4/2022). Badan Keamanan Kesehatan Britania Raya (UKHSA) telah mengesampingkan vaksin Covid-19 sebagai penyebab dari merebaknya kasus hepatitis akut pada anak.
Foto:

Teori lain yang menghubungkan Covid-19 dengan wabah hepatitis adalah lockdown berskala nasional. Sebagian ilmuwan mengatakan lockdown mencegah anak-anak terpapar virus dan telah menghasilkan generasi anak-anak dengan sistem kekebalan yang lebih lemah.

Pakar dari Nottingham Trent University, Conor Meehan, menjelaskan bahwa paparan virus sebenarnya penting untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Paparan itu sebagian besar terjadi dalam lima tahun pertama kehidupan.

"Sebagian besar kasus yang kami lihat (ada) pada anak-anak di bawah lima tahun, jadi mereka pasti tidak memiliki paparan yang dimiliki anak-anak lain yang lebih tua," tutur Meehan.

Reaksi tidak biasa yang dialami anak-anak terhadap virus adalah sesuatu yang menurut Meehan dapat menandakan interaksi antara Covid-19 dan hepatitis. Namun, penyelidikan dan studi lebih lanjut diperlukan sebelum kesimpulan dapat diambil tentang penyebab wabah hepatitis tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement