Jumat 13 May 2022 09:51 WIB

Ilmuwan Temukan Dinding tak Terlihat di Luar Angkasa, Apa Itu?

Dinding tak terlihat ini mungkin dimediasi oleh partikel hipotetis bernama simetri.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Galaksi (ilustrasi).
Foto:

Pandangan baru tentang fisika

Para peneliti percaya temuan mereka mengarah pada kemungkinan penjelasan "fisika baru" pertama yang tidak sepenuhnya menghilangkan materi gelap. Materi gelap, yang menyumbang sebagian besar massa di alam semesta, telah terbukti menjadi salah satu misteri terbesar kosmos. 

Akibatnya, materi gelap telah memainkan peran penting dalam jenis studi ini. Tidak seperti penelitian sebelumnya, studi baru ini menunjukkan bahwa partikel hipotetis yang disebut simetri dapat menciptakan batas ruang yang tidak berwujud. 

"Dinding domain" ini, sebagaimana para astronom menyebutnya, adalah yang menjaga galaksi tetap pada orbitnya yang tepat. Alih-alih mengorbit secara acak, seperti yang diprediksi model CDM, galaksi-galaksi mengorbit dalam pola yang rapi.

Menurut para ahli, ada kemungkinan 50/50 bahwa berbagai lokasi akan menggunakan nilai simetri yang berbeda. Ini bisa menjelaskan perbedaan antara galaksi-galaksi kecil yang mengorbit beberapa galaksi yang lebih besar.

 

Tentu saja ini hanya bukti konsep. Kita perlu membuktikan bahwa simetri ada jika kita ingin membuktikan ada dinding tak kasat mata di luar angkasa. Di sinilah teleskop luar angkasa seperti James Webb berperan. Penelitian lebih lanjut mungkin dapat mengajari kita lebih banyak tentang partikel baru ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement