Jumat 14 Oct 2022 18:46 WIB

Dokter Onkologi: Dari Lima Pasien Kanker Payudara, Cuma Satu yang Dipicu Faktor Genetik

Bukan faktor genetik dan keturunan saja yang dapat picu kanker payudara.

Red: Reiny Dwinanda
Mamografi (Ilustrasi). Selain faktor genetik atau keturunan, faktor hormonal serta gaya hidup tidak sehat bisa memicu kanker payudara.
Foto: Torin Halsey / AP
Mamografi (Ilustrasi). Selain faktor genetik atau keturunan, faktor hormonal serta gaya hidup tidak sehat bisa memicu kanker payudara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis bedah onkologi Erwin Danil Yulian menganjurkan agar masyarakat menjalankan gaya hidup atau pola hidup seimbang dan sehat, seperti makanan yang terukur, berolahraga, dan mengendalikan stres. Dengan begitu, faktor risiko kanker payudara dapat diminimalisasi.

Walau faktor genetik atau keturunan dapat berperan, dr Erwin menekankan faktor-faktor lainnya, seperti faktor hormonal serta gaya hidup yang buruk, juga turut menyumbang terhadap potensi terjadinya kanker payudara. Ia menyebut dari lima pasien kanker payudara, empat di antaranya bukan merupakan faktor genetik.

Baca Juga

"Ada faktor-faktor lain, contohnya faktor hormonal. Jadi, pengaruh hormon itu sangat besar terhadap timbulnya kanker payudara," kata Erwin yang merupakan dokter di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo dalam diskusi virtual di Jakarta, Jumat (14/10/2022).

Meski begitu, apabila seseorang memiliki riwayat keluarga dengan penderita kanker payudara, sebaiknya tetap periksakan kondisi payudaranya untuk mencegah kemungkinan terburuk. Kanker payudara bisa dideteksi dini secara mandiri dengan memeriksa payudara sendiri setiap bulan.

Pemeriksaan rutin diperlukan untuk memastikan tidak ada benjolan sekecil apapun yang bisa menjadi tanda dari penyakit tersebut. Setelah selesai menstruasi, saat payudara sudah demikian tidak nyeri lagi, perempuan dapat melakukan pemeriksaan namanya 'Sadari' atau pemeriksaan payudara sendiri.

Pemeriksaan secara mandiri juga perlu dilakukan perempuan yang sudah memasuki masa menopause. Drr Erwin mengatakan pada orang normal benjolan sebesar 1,5 cm hingga 2 cm memang baru bisa diraba. Akan tetapi, apabila seseorang berhasil menemukan benjolan sekecil apapun, hal tersebut setidaknya merupakan langkah setahap lebih baik untuk maju pada penanganan sejak dini.

"Kalau setiap bulan diperiksa sendiri, kami yakin pasti akan dapat diketahui jika ada benjolan sekecil apapun," katanya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا طَلَّقْتُمُ النِّسَاۤءَ فَبَلَغْنَ اَجَلَهُنَّ فَاَمْسِكُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ اَوْ سَرِّحُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍۗ وَلَا تُمْسِكُوْهُنَّ ضِرَارًا لِّتَعْتَدُوْا ۚ وَمَنْ يَّفْعَلْ ذٰلِكَ فَقَدْ ظَلَمَ نَفْسَهٗ ۗ وَلَا تَتَّخِذُوْٓا اٰيٰتِ اللّٰهِ هُزُوًا وَّاذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ وَمَآ اَنْزَلَ عَلَيْكُمْ مِّنَ الْكِتٰبِ وَالْحِكْمَةِ يَعِظُكُمْ بِهٖ ۗوَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ
Dan apabila kamu menceraikan istri-istri (kamu), lalu sampai (akhir) idahnya, maka tahanlah mereka dengan cara yang baik, atau ceraikanlah mereka dengan cara yang baik (pula). Dan janganlah kamu tahan mereka dengan maksud jahat untuk menzalimi mereka. Barangsiapa melakukan demikian, maka dia telah menzalimi dirinya sendiri. Dan janganlah kamu jadikan ayat-ayat Allah sebagai bahan ejekan. Ingatlah nikmat Allah kepada kamu, dan apa yang telah diturunkan Allah kepada kamu yaitu Kitab (Al-Qur'an) dan Hikmah (Sunnah), untuk memberi pengajaran kepadamu. Dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. Al-Baqarah ayat 231)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement