Jumat , 02 Dec 2022, 06:57 WIB

Kenapa Gol Kedua Jepang Disahkan Meski Bola Terlihat Keluar? Ini Penjelasannya

Rep: Eko Supriyadi / Red: Israr Itah
Gelandang Jepang Kaoru Mitoma sebelum melepaskan umpan yang menjadi gol kemenangan timnya atas Spanyol 2-1 pada laga Grup E Piala Dunia 2022.
Foto EPA-EFE/Neil Hall

Gelandang Jepang Kaoru Mitoma sebelum melepaskan umpan yang menjadi gol kemenangan timnya atas Spanyol 2-1 pada laga Grup E Piala Dunia 2022.

VAR punya bukti kalau bola secara keseluruhan belum melewati garis gawang.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Jerman tersingkir dari Piala Dunia gara-gara gol kontroversial Jepang melawan Spanyol. Gol tersebut membuat pengamat sepak bola bingung dan memantik kontroversi. Sebab dengan disahkannya gol ini, Jepang mengalahkan Spanyol 2-1 di Stadion Internasional Khalifa, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB, sekaligus menjadi juara Grup E.

Spanyol unggul lebih dulu melalui tandukan Alvaro Morata pada babak eprtama. Namun Jepang mampu membalikan keadaan lewat dua gol cepat pada awal babak kedua. Ritsu Doan menyamakan skor lewat golnya pada menit ke-48. Samurai Biru berbalik memimpin setelah Ao Tanaka menjebol gawang Spanyol tiga menit berselang.

Baca Juga

Ritsu Doan mengirimkan umpan dari sisi kanan atau sebelah kiri pertahanan Spanyol. Bola terlihat telah meninggalkan lapangan saat Kaoru Mitoma menyongsong dan menendangnya ke depan gawang La Roja. Di sana, Tanaka sudah menanti dan dengan mudah merobek gawang Unai Simon.

Wasit Victor Gomes awalnya menganunulir gol. Namun pesan dari ruang VAR membuatnya menganulir keputusan. Ia pun memeriksa tayangan VAR sebelum dengan yakin menetapkan gol Jepang sah.